Manfaat Luarbiasa Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan - Sholat adalah anjuran dari Allah SWT yang di berikan kepada hambaNya. Seorang manusia terutama ummat muslim sholat adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan setiap waktu. Dalam Agama Islam ada sholat yang wajib serta ada sholat yang sunnat. Namun setiap sholat mempunyai gerakan yang sama baik yang wajib maupun yang sunnat. Namun dalam kaidahnya terdapat rahasia tersendiri dari sholat tersebut.  Ada sholat wajib yang dilakukan setiap harinya 5 kali. Serta untuk sholat bebas bisa dilakukan pada waktu kapan saja. Namun yang hendaknya sholat wajib dulu yang harus di laksanakan.


Dalam kegiatan sholat terdapat beberapa gerakan. Dari kita menentukan Niat sampai kita mengucapkan salam. Namun ternyata dalam sholat terdapat manfaat yang luar biasaa bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini sudah tidak asing lagi, menurut ilmuan AS yaitu Chair Muahmmed Khasawneh dari Universitas Binghamton New York Amerika Serikat, mengungkapkan dan membuktikan sendiri dahsyatnya akan manfaat sholat dari segi medis, seperti pergerakan sholat sama halnya dengan yoga atau terapi fisik yang digunakan untuk merawat sakit pinggang.

Menurut Chair Muahmmed Khasawneh, faktor fisik dipengaruhi oleh sosio-ekonomi, gaya hidup dan religi. Menurut dia ada keterkaitan yang sangat kuat antara sholat dan mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik.

Sholat dapat menghilangkan rasa stess dan kecemasan, namun ada sebgaian orang yang mengungkapakn bahwa sholat dapat sebagai pengobatan klinis yang efektif terhadap disfungsi neuro-muskuloskeletal, kata Muhammad Khasawneh. Adapun manfaat sholat bagi  kesehatan tubuh kita secara rincinya sebagai berikut:

1. Manfaat Gerakan Takbiratul Ihram

Gerakan Takbiratul Ihram memiliki manfaat pada fisik dan psikologis manusia. Karena dengan poisisi kita sedang menenangkan hati dan pikiran serta memfokuskan pada niat dalam hati untuk menghadap Allah SWT membawa efek ketenangan pada diri kita. Maka tidak aneh lagi ketika kita mengucap niat lalu mengangkat kedua tangan lalu fokus dan berusaha tenang dan khusu.

Kalimat Takbir "Allahhu Akbar" bisa melepas rasa stress ataupun rasa resah yang tadinya muncul kemudian hilang sekejap, dan hal tersebut secara medis melapangkan sistem pernapasan dan denyut jantung jadi terkontrol. Dan pengucapan Takbir bersamaan dengan gerakan kedua tangan sehingga adanya pergerakan tulang rusuk dan bahu. Walaupun gerakan tersebut terbilang sedikit maka akan melebarkan rongga dada.

Dengan melebarnya rongga dada akan menjadikan tekanan udara di rongga data mengecil sehingga nantinya memudahkan udara masuk kedalam lebih cepat. Jadi gerakan takburatul ihram sangat baik bagi kesehatan pernapasan tubuh. 

Selain itu, dengan adanya gerakan takburatul ihram lapisan diafragma juga akan terlatih dan hal ini merupakan sinergisme dan akan berdampak positif pada fungsi otak, otot dan organ tubuh yang lainnya.

2. Manfaat Gerakan Berdiri Dalam Sholat

Setelah gerakan Takbiratul Ihram disusul dengan gerakan berdiri beberapa waktu dengan kedua tangan dilipat kedepan dada dan telapak kaki menjadi tumpuan berat badan. dan ternyata telapak kaki yang sebagai tumpuan tubuh tersebut merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk organ-organ dalam tubuh. Selain itu juga bisa membuat kompaksitas susunan tulang-tulang penyangga tubuh menjadi rata.

Manfaat gerakan sholat berdiri juga dapat mencegah terajdinya patah tulang. Pada beberapa kausus terdapat kejaian patah tulang dikarenakan hal kecil seperti tersangkut tali, tergelincir, turun tangga dan lainnya. Dengan posisi kedua kaki sama lebar dengan posisi badan maka akan mencegah terjadinya kaki kesleo atau tergilir.

3. Manfaat Gerakan Rukuk Dalam Sholat

Gerakan rukuk adalah gerakan dimana kedua telapak tangan menyentuh lutut dan kepala di tundukkan kebawah sehingga punggungpun mengikuti dan di usahakan punggung posisi rata. Dan kedua mata fokus melihat ke bawah/sejadah. Dengan posisi rukuk yang sempurna maka akan bagus untuk kesehatan tulang belakang/punggung. Dan hal tersebut dapat membuat otot-otot tulang punggung yang tegang dengan rukuk maka tulang akan menjadi terrelaksasi.

4. Manfaat Gerakan i'tidal Dalam Sholat

Gerakan i'tidal adalah gerakan bangkit dari rukuk, dimana posisi badan berdiri tegak sebentar dan tangan di lurukan kesamping bawah. Dengan posisi seperti ini adalah khasiatnya diri akan menjadi tenang, sama halnya ketika kita pertama hendak melakukan takbiratul ihram.

5. Manfaat Gerakan Sujud Dalam Sholat

Gerakan sujud dalam sholat adalah posisi dimana kedua telapak tangan terletak pada lantai dengan posisi jari-jari tangan di rapatkan dan dahi menyentuh lantai/sajadah serta punggung mengikutinya. hal ini membuat tulang belakang dan punggung menjadi rileksasi dan mengurangi terjadinya peregangan.

6. Manfaat Gerakan Duduk Dalam Sholat

Gerakan duduk dalam sholat ada dua, yaitu duduk tahiyat awal dan duduk tahiyat akhir. Duduk tahiyat awal dimana posisi duduk kedua kaki menjadi tumpuan dengan posisi telapak kaki kanan dan ditekan dengan jari jempol, hal ini sangat berasa sekali adanya sirkulasi darah yang jalan dengan perlahan. Selain itu jari jemari menjadi lentur, tulang kaki dan juga sendi lebih relaksasi dan rasa tegang pada otot kaki berkurang.

7. Manfaat Gerakan Salam Dalam Sholat

Gerakan salam dalam sholat adalah gerakan yang tertumpu pada lehar, dimana kita menolehkan kepala ke kanan satu kali dan ke kiri satu kali. Manfaat gerakan salam ini membuat otot leher menjadi relaks serta peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini juga dapat menghindari adanya penjepitan saraf di bagian leher, dan biasanya penyakit seperti ini adalah kepala tengleng dan mata juling, maka dari itu rajin-rajinlah sholat waktu pada khsuusnya, syukur-syujur bisa juga menjalankan sholat sunat lainnya.

Nah, mungkin itu saja ulasan mengenai Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat penjelasan yang saya berikan. Selamat menjanlankan Ibadah sholat dan semoga kita semua dapat manfaat dunia akhirat dari sholat tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel