Gelar Rakor Tingkatkan Kerjasama Pemeliharaan Stabilitas Keamanan


Lumajang, KaJe
Dalam rangka peningkatan kerjasama pemeliharaan stabilitas keamanan dan ketertiban umum TNI/POLRI/Kejaksaan mengadakan rapat koordinasi di pendopo Kabupaten Lumajang.

Tindak kriminalitas memang sangat kompleks dan banyak macamnya oleh karena itu untuk menghindari kecolongan Kapolres Lumajang telah membentuk tim dengan spesifikasi khusus untuk mengatasi masalah kriminalitas. Namun jika dapat bersinergi dengan elemen pemerintah yang lainnya dapat meningkatkan prosentase kondusifitas Kabupaten Lumajang dan menekan angka kriminalitas secara drastis.

Kapolres Lumajang juga membuat  beberapa terobosan untuk menutup celah kriminalitas kasus  pencurain hewan (Curwan) sapi. Seperti dibentuk Satgas Keamanan Desa, pembentukan Gaster serta pembuatan rantai sapi.  Namun demikian,  masih ada kemungkinan yang membuat Kapolres Lumajang masih menyiapkan kartu berikutnya jika usaha usaha tersebut masih kecolongan dengan disiapkannya anjing pelacak guna melacak keberadaan sapi yang dicuri.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menerangkan, dengan adanya anjing pelacak ini guna dapat menunjang dan membantu mengungkap kasus kriminalitas. "Namun kami meminta bantuan dari pihak pemda dalam penyediaan makanan anjing anjing tersebut. Karena anjing tersebut pengadaan secara swadaya bantuan dari masyarakat yang peduli akan ketertiban masyarakat diwilayah Lumajang," jelasnya.

Anjing pelacak adalah anjing yang telah dilatih untuk menggunakan indranya (hampir selalu menggunakan indra penciuman) untuk mendeteksi substansi seperti bahan peledak, obat-obatan terlarang, selundupan hewan atau tumbuhan, uang, atau darah. Anjing berburu yang mencari buruan dan anjing pencari yang mencari orang yang hilang biasanya dianggap berbeda dengan anjing pelacak. Namun, terdapat beberapa kemiripan antara anjing pelacak dengan anjing pencari mayat.

"Beberapa anjing polisi yang digunakan dalam razia narkoba dilatih tidak hanya untuk mencari narkoba, tetapi juga orang yang bersembunyi dari polisi dan mata uang yang disembunyikan. Beberapa anjing pelacak dapat melacak alat elektronik yang diselundupkan, seperti telepon genggam di penjara," bebernya. (Suatman)

Post a Comment

0 Comments