Gadis Cantik Ini, Gabung Satgas Keamanan Desa Nguter



Lumajang, KaJe
Ada yang menarik dari pengukuhan satgas keamanan desa se-Kecamatan Pasirian 2 hari yang lalu, Rabu 6 Maret 2019 pukul 21.00 wib. Dari 330 relawan keamanan yang di kukuhkan, terdapat 1 orang wanita cantik.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH ketika di konfirmasi tentang wanita yang menjadi anggota satgas tersebut menyatakan, dirinya mengaku takjub saat mengukuhkan anggota satgas keamanan desa se-Kecamatan Pasirian ada seorang wanita yang tergabung dalam satgas keamanan Desa Nguter.

"Pekerjaan menjaga keamanan memang didominasi oleh kaum laki-laki selama ini tapi bukan berarti wanita tidak mampu. Wanita memiliki kelebihan tersendiri. Dari penelitian psikologi dari berbagai universitas di dunia terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki wanita dibanding laki-laki yaitu wanita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik, dan mengerjakan dua hingga enam pekerjaan sekaligus," paparnya.

Selain itu, kata dia,  wanita memiliki intuisi yang tajam. Karena area otak yang bekerja pada insting pelacakan lebih besar. Wanita mampu dengan segera menangkap hal yang tidak beres pada sesuatu, meskipun petunjuknya belum begitu jelas. Ketika wanita berpikir, ia menggunakan sisi kanan otaknya yang mengkhususkan diri pada masalah emosional.

Ia menjelaskan, mengapa wanita memiliki kemampuan lebih baik dalam menangkap berbagai isyarat. Wanita hanya membutuhkan mendengarkan dan mengamati. Wanita bisa mengetahui saat anaknya berbohong dari nada bicara, atau sorot mata, atau dari bahasa tubuh anaknya meskipun sang anak menyangkal mati-matian.

"Kelebihan ini sangat penting dan dibutuhkan di bidang keamanan. Intuisinya bisa digunakan untuk mendisain sistem keamanan yang ada didesanya, karena dia mudah menganalisa penyebab gangguan keamanan yang sering terjadi," ujar Arsal berteori.

Dari penulusuran, wanita cantik ini bernama Nuraini Selawati (25) yang juga berprofesi sebagai kepala dusun. Aini sejak kecil sudah belajar beladiri silat sehingga sudah terbiasa dengan hal-hal untuk perlindungan diri.

Nuraini Selawati, anggota Satgas Keamanan Desa Nguter saat dikonfirmasi terkait ketertarikannya bergabung dengan satgas keamanan desa mengatakan, mengingat jabatan dirinya sebagai Kepala Dusun, jadi bagian tugas dirinya salah satunya menjaga keamanan lingkungan.

Untuk itu,  dirinya terpanggil untuk menjadi satgas keamanan Desa Nguter. "Dengan bergabung sebagai anggota satgas, saya lebih mudah mendapatkan informasi tentang perkembangan keamanan dan kerawanan begal maupun pencurian di wilayah sekitar dusun saya. Saya juga suka keliling wilayah untuk memantau keamanan lingkungan,” ujar Aini. ( Suatman)

Post a Comment

0 Comments