Wabup Indah Minta Pimpinan OPD Cari Solusi Rendahnya IPM




Lumajang, KaJe
Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., meminta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) mencari solusi terhadap rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hal itu, disampaikan saat memberikan arahan kepada para pimpinan OPD pada Forum OPD dalam rangka klarifikasi dan penyelerasan usulan program/ kegiatan pembangunan daerah di Ruang Rapat Narariya Kirana, Lantai 3 Kantor Bupati. Rabu (6/3/2019) pagi.

Dalam kesempatan itu, Wabup memaparkan kondisi masyarakat Lumajang  berdasarkan data yang masuk. 

Lebih jauh Bunda Indah mengungkapkan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. Lumajang. Bahkan, menurutnya, IPM Kab. Lumajang berada di ketiga terbawah, atau berada di nomer urut 36 dari 38 daerah di Jawa Timur.

Sedikitnya, kata Wabup, ada tiga sektor berkait dengan IPM, yaitu, pembangunan sektor Pendidikan; Kesehatan; dan Pertanian.                   

Paparan Wabup itu, sebenarnya, sebagai penggugah, agar pimpinan OPD mencari solusi yang tepat.       

"OPD harus punya gambaran. Harus punya program untuk mengajukan usulan program kegiatan sebagai solusi terhadap kondisi tersebut," ujar Wabup.

Wabup meminta agar para Kepala OPD benar-benar memaksimalkan potensi usulan lrogram sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.         

Wabup mengambil contoh potensi  buah durian. "Seperti halnya durian yang ada di Gencono, itu enak sekali, saya kira Disperta perlu menandai mana pohon-pohon duren yang memiliki kualitas super untuk dibudidayakan," ungkapnya.

Di sisi lain, Wabup sempat mengungkapkan kondisi Indeks Partisipasi Murni dan Partisipasi Kasar Masyarakat dalam pendidikan. Sejauh ini, tingkat partisipasi pendidikan masyarakat, masih relatif rendah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kab. Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko, melaporkan, saat ini Musrenbang semua usulannya sudah menggunakan E-Musrenbang. Ia menjelaskan, forum OPD tersebut bertujuan untuk memastikan dan menyelaraskan antara usulan yang sudah ada di e-musrenbang dan kewenangan di masing-masing OPD.

Ia berharap pelaksanaan Musrenbang dapat melahirkan program-program yang lebih berkualitas.                       

"Semoga musrenbang pada 2020 menjadi lebih berkualitas, dan mampu merumuskan program-program sesuai dengan usulan masing-masing OPD, dan aspirasi masyarakat," harapnya (woko)

Post a Comment

0 Comments