Perwakilan Satgas Keamanan Desa Dikumpulkan


Jember, KaJe
Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH selaku Kapolres Lumajang memberikan arahan kepada seluruh perwakilan Satgas Keamanan Desa se-Kabupaten Lumajang yang mana memang menjadi program andalan Kapolres untuk menekan angka kriminalitas di wilayah kaki Gunung Semeru tersebut.

  Acara yang diselenggarakan di Amanda Hall Jl. Panjaitan no 5 Lumajang tersebut selain sebagai wadah silaturahmi sesama perwakilan anggota satgas dari seluruh wilayah Kabupaten Lumajang, juga pemberian materi langsung dari Kapolres Lumajang.

  Perlu diketahui, hingga saat ini telah terbentuk satgas keamanan desa di 198 desa yang terdiri dari 5.690 relawan keamanan yang tergabung dalam satgas keamanan desa tersebut. Mereka semua juga telah dibekali HT untuk sarana komunikasi serta adanya rompi sebagai identitas di desanya masing masing.

  Seusai kegiatan tersebut, Kapolres mengatakan bahwa para anggota satgas ada dibawah kendali Kepala Desa dan dalam binaan bhabinkamtibmas  “Anggota Satgas Keamanan Desa ini telah kami bekali pemahaman tentang problem solver, dimana mereka mampu memecahkan permasalahan di wilayahnya masing masing. Dengan kata lain, mereka ini kami bentuk sebagai polisi masyarakat yang memiliki tugas-tugas kepolisian dalam lingkup terbatas. jika mereka tak bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi, mereka juga dapat menghubungi anggota Bhabinkamtibmas dengan menggunakan saluran HT yang mereka bawa pula,” tegas Arsal.

  Selain itu, pria lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998 tersebut juga mengatakan bahwa satgas tersebut akan bersama sama TNI-POLRI menjaga stabilitas wilayahnya selama pagelaran pesta demokrasi pemilu 2019. “Selain sebagai problem solver, dalam menghadapi pemilu 2019 pada tanggal 17 April satgas ini akan bersama sama dengan kami menjaga kemanan wilayah dari hal-hal yang tak diinginkan sebelum, selama, maupun pasca pesta demokrasi tersebut,” tegasnya. (Suatman)

Post a Comment

0 Comments