Jangan Ketinggalan Program Mudik Gratis Pemkab Jember



Jember, Kabarejekber.com
Seperti tahun tahun sebelumnya, pemerintah memberikan  fasilitas pemudik untuk melakukan mudik  dan balik pada setiap hari raya idul fitri.  Bagi warga Jember yang ingin menikmati mudik Gratis Bareng 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Jember segera mendaftar.

Sebab, sejak dibuka pada tanggal 1 Mei lalu, kuota dari Jakarta menuju Jember sudah terisi penuh. “Untuk slot dari Jakarta ke Jember sudah full (penuh), sebanyak delapan puluh delapan kursi,” kata Drs. Hadi Mulyono, M.Si.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember ini mengungkapkan, untuk jalur ke Yogyakarta dan Madura masih tersedia. Demikian juga dengan jalur ke Surabaya.
“Kami tunggu sampai tanggal 9 Juni nanti,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 14 Mei 2019.

Mudik Bareng Gratis menjadi program tahunan Pemerintah Kabupaten Jember yang dipimpin dr. Hj. Faida, MMR menjelang Hari Raya Idul Fitri.  “Pada tahun 2019 ini direncanakan ada sepuluh armada bus yang akan membantu masyarakat Jember untuk mudik maupun balik melaksanakan lebaran,” terangnya.

Hadi menjelaskan, lima dari sepuluh armada tersebut dianggarkan dari APBD Kabupaten Jember. Sedangkan lima lainnya berasal dari APBD Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Rute layanan mudik gratis ini meliputi Jakarta menuju Jember, yang dilayani dengan dua armada bus. Ada juga rute mudik dari Jember ke Madura yang dilayani satu bus dengan kapasitas 59 orang.

Sedangkan arus balik yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni yakni Jember ke Yogyakarta yang dilayani satu bus dengan kapasitas 59 orang. Warga Jember yang mau balik ke Surabaya juga mendapatkan pelayanan yang sama. Satu bus dengan kapasitas 59 akan melayani balik ke ibu kota provinsi.

Bus yang melayani balik itu, lanjut Hadi, adalah lima armada yang berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Khusus rute Jakarta menuju Jember akan berangkat tanggal 1 Juni dari Terminal Rawamangun dan akan sampai di Jember tanggal 2 Juni di Alun-alun Jember.

Sedangkan dari Jember ke Madura akan berangkat tanggal 2 Juni.
Untuk bisa menikmati program ini cukup mudah. Masyarakat bisa datang ke Dinas Perhubungan di Jalan Dewi Sartika No 02 setiap hari kerja, Senin – Jumat, atau mendaftar secara online di https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

Persyaratan yang dibawa saat mendaftar cukup fotokopi KTP (domisili Jember) dan kartu keluarga (KK) serta nomor telepon. Tidak ada batasan jumlah keluarga yang ikut maupun berat barang bawaan.  “Tidak ada batasan. Selama masih dalam batas toleransi, kita tidak masalah. Tetap bisa ikut program ini,” kata Hadi.

Masyarakat juga bisa menghubungi narahubung Dishub, yakni Teguh Prasetiyo (085706494647), M. Syafik (085334309567), dan Hari P (082140252454). (Mul/Mia/hms)

Post a Comment

0 Comments