LPM Gelar Sertifikasi Penguji BTQ dan Praktik Pengalaman Ibadah


Jember, kabarejember.com
Untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan penguji praktik Baca Tulis Al Quran (BTQ) dan Praktik Pengalaman Ibadah (PPI), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Kamis (23/5), menggelar ujian praktik BTQ dan PPI bagi Dosen IAIN Jember.
Dalam kegiatan tersebut, LPM IAIN Jember menghadirkan dua orang penguji dari luar, yakni KH Imam Baghawi dan KH Ahmad Shodiq.
Ketua LPM IAIN Jember, Saihan, menjelaskan, sebenarnya program tersebut merupakan program lama yang baru bisa direalisasikan. “Jadi itu merupakan keputusan di akhir tahun 2018 lalu, kami sepakat dengan pimpinan untuk mengadakan program sertifikasi penguji BTQ dan PPI,” terangnya.
Kegiatan tersebut lanjut Saihan, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan terutama dalam bidang BTQ. “Selain itu, nantinya bagi yang akan menguji BTQ dan PPI mahasiswa sudah benar- benar tersertifikasi. Jadi, bukan karena ini kelompoknya siapa dan siapa,” katanya.
Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Miftah Arifin, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh LPM tersebut. “Kita ingin ada standarisasi nantinya, terutama yang akan menguji BTQ dan PPI,” katanya.
Menurut Miftah, langkah LPM tersebut sudah memenuhi ketentuan yang ada, termasuk pengujinya juga didatangkan dari luar kampus. “Ini kan dari luar kampus, jadi hasilnya nanti benar- benar objektif. Termasuk hasil saya juga, karena saya juga ikut kegiatan seritifikasi ini,” terangnya.
Salah satu peserta, Mas’ud mengaku sangat mendukung program sertifikasi penguji BTQ dan PPI itu. “Saya kira ini bagus ya, apalagi pengujinya berasal dari luar, dan memang sudah pakarnya,” katanya. (Mia/iza/win/hms)

Post a Comment

0 Comments