Pendaftaran Jalur UMPN Dibuka Hari Ini



Jember, Kabarejember.com
Setelah rampung proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik (PMDK-PA) dan PMDK Politeknik Nasional (PMDK-PN), kini sudah dimulai pendaftaran maba jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Nasional).
Pendaftaran jalur UMPN dimulai hari ini (20/5) dan ditutup sebulan kedepan pada 20 Juni 2019.Jalur UMPN merupakan seleksi maba dengan melalui ujian tulis. Jalur UMPN dibagi menjadi 2 bidang, yaitu Bidang IPA dan IPS.
Demikian dijelaskan oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Surateno, S.Kom, M.Kom ketika melaunching jalur UMPN di depan awak media. “Mulai hari ini penerimaan maba jalur UMPN dibuka secara resmi," ujarnya.
Menurut dia, jalur UMPN Polije dibagi menjadi bidang IPA dan IPS, dengan mendasarkan pada program studi yang dipilih di antara 21 program studi yang ada di Polije. “Bidang IPS meliputi 2 prodi yaitu prodi Bahasa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik, sedangkan yang termasuk bidang IPA meliputi semua prodi yang ada di Polije selain Bahsa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik," terang Surateno.
Jalur UMPN merupakan seleksi penerimaan maba melalui ujian tulis yang dilakukan bersama-sama dengan 43 Politeknik Negeri se Indonesia.Pendaftaran jalur UMPN Polije dilakukan hanya secara online melalui laman htpps://pmb-online.polije.ac.id.
Setiap peserta diberikan kesempatan memilih 4 pilihan prodi, dengan ketentuan pilihan 1 dan 2 hanya untuk pilihan prodi di Polije, sedangkan pilihan 3 dan 4 bisa dimanfaatkan untuk memilih semua prodi yang ada di Politeknik seluruh Indonesia.
“Pilihan 1 dan 2 hanya bisa dimanfaatkan di Polije atau Politeknik tempat pendaftaran, sedangkan pilihan 3 dan 4 bersifat tentatif, bisa dimanfaatkan untuk memilih prodil intas Politeknik," tandas Mahsus Nurmanto Humas Polije.
Menurut dia, jalur UMPN menjadi salah satu jalur strategis untuk memperebutkan kuota 30 persen maba Polije tahun akademik 2019/2020.
Langkah pendaftaran dilakukan dengan melakukan registrasi lebih dahulu di laman pendaftaran, setelah diisi sesuai dengan tata cara yang benar, pendaftaran akan mendapatkan kiriman nomor virtual account (VA). Proses pendaftaran dilanjutkan dengan melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar 250 ribu melalui semua bank baik melalui loket, ATM, SMS banking, internet banking serta dilanjutkan dengan login kelaman pendaftaran dengan menggunakan nomor VA dan dilanjutkan dengan mengisi semua biodata sampai simpan final.
“Proses pendaftaran dikatakan tuntas, manakala pendaftar sudah melakukan registrasi, membayar biaya pendaftaran, login dan isi biodata sampai simpan final serta mencetak bukti pendaftaran dan biodata, " papar Mahsus Nurmanto,
Pelaksanaan testulis jalur UMPN akan dilakukan pada Sabtu (22/6), dua hari setelah pendaftaran ditutup. Lokasi pendaftaran akan dipusatkan di kampus Polije jalan Mastrip Jember, yang secara detil bisa dilihat di kartu pendaftaran.
Sedangkan mata pelajaran tes tulis untuk bidang IPA meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk bidang IPS meliputi : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,Ekonomi dan Akuntasi. (mia/iza/hms)

Post a Comment

0 Comments