UPZ FEBI IAIN Jember Salurkan Zakat Fitrah




Jember, kabarejember.com
Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Jember, Jumat (24/5), menyalurkan zakat kepada masyarakat sekitar kampus. Total ada 100 masyarakat yang menerima zakat dari UPZ FEBI IAIN Jember.
Menurut Dekan FEBI, Khamdan Rifa’i, total zakat yang disalurkan jumlahnya mencapai Rp 25 juta lebih. “Jadi yang kita salurkan kepada masyarakat, ada yang bentuknya berupa uang, ada juga yang bentuknya kebutuhan pokok,” terangnya.
Zakat tersebut mayoritas dihimpun dari dosen, karyawan, serta mahasiwa yang berasal dari internal FEBI. “Ini tahun kedua kami menyalurkan zakat kepada masyarakat. Jadi, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen, dan karyawan yang ingin menyalurkan zakatnya, sekaligus memberikan gambaran kepada mahasiswa terutama Program Studi Zakat dan Wakaf,” tambah Khamdan.
Kedepan, lanjut Khamdan, tidak hanya zakat fitrah yang akan disalurkan tetapi akan diupayakan juga zakat mal. “Jadi kami mohon doanya, agar kedepan bukan hanya zakat fitrah, tetapi kami juga bisa menyalurkan zakat mal,” harapnya.
Sementara Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, mengapresiasi kegiatan UPZ FEBI tersebut. Menurut dia, kegiatan semacam ini harus juga dilakukan oleh fakultas- fakultas lain di IAIN Jember. “Kita akan minta fakultas lain untuk melakukan hal yang sama, atau bahkan nantinya zakat seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan di semua fakultas bisa difasilitasi oleh UPZ Zakat ini,” katanya.
Babun  berharap, dengan kegiatan tersebut, tali silaturrahim warga dengan Kampus IAIN Jember, akan tetap terus terjaga. “Tentu kita berharap hubungan warga dengan kampus semakin baik, karena kami juga butuh dukungan dari warga sekitar,” pungkasnya. (Mia/win/hms)

Post a Comment

0 Comments