Sediakan Prodi Dual Degree dengan China dan Malaysia


Jember, kabarejember.com
Pendaftaran Jalur UMPN Polije ditutup Kamis Lusa
Peminat seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) tahun 2019 membludak. Meski pendaftaran menyisakan 3 hari lagi, yang akan ditutup Kamis (20/6) lusa, data di laman pendaftaran https://pmb-online.polije.ac.id sampai Senin (17/6) jam 14.00 WIB, menunjukkan pendaftar kelompok IPA sudah 15,2 persen melampui pendaftaran tahun lalu, sedangkan pendaftar kelompok IPS, naik sebanyak 48 persen.
“Kecenderungan mendekati akhir pendaftaran, ada percepatan peningkatan jumlah pendaftar”, ujar Mahsus Nurmanto Humas Polije. Menurut dia, melihat indikasi calon pendaftar yang berkonsultasi melalui pusat informasi, aka nada percepatan jumlah pendaftar di hari-hari akhir menjelang penutupan pendaftaran.
Pengetahuan dan kesadaran untuk melanjutkan ke jenjang perhuruan tinggi khususnya PT vokasi, beberapa tahun belakangan ini semakin meningkat. Hal ini ditopang fakta bahwa lulusan PT vokasi semakin cepat terserap di dunia industri. Semakin meningkat juga pemahaman pengelola industry akan kompetensi lulusan PT vokasi yang mempunyai tingkat skill yang lebih tinggi dibanding kukusan dari PT akademik.
“Dengan kurikulum berbasis industry, yang lebih menitik beratkan pada aspek praktikum dengan proporsi kurikulum 40 persen teori dan 60 persen praktikum, lulusan PT vokasi termasuk didalamnya Polije, lulusan PT vokasi lebih siap bersaing di dunia industry”, tandas Mahsus Nurmanto.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik, Surateno, S.Kom, M.Kom, mendaftar dan menjadi mahasiswa baru Polije menjadi kesempatan dan pilihan strategis, bagi lulusan SMA/SMK dan MA untuk menjadi SDM unggul dan berdaya saing tinggi untuk memasuki industry terutama di era revolusi industry 4.0. “PT vokasi menjadi salah satu jawaban, akan terpenuhinya kebutuhan SDM unggul dan kompetitif sesuai kebutuhan industry terutama di era revolusi industry 4.0”, tuturnya.
Jalur UMPN Polije dibagi menjadi kelompok IPA dan IPS, dengan mendasarkan pada program studi yang dipilih di antara 21 program studi yang ada di Polije. “Bidang IPS meliputi 2 prodi yaitu prodi Bahasa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik, sedangkan yang termasuk bidang IPA meliputi semua prodi yang ada di Polije selain Bahsa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik”, terang Surateno.
Jalur UMPN merupakan seleksi penerimaan maba melalui ujian tulis yang dilakukan bersama-sama dengan 43 Politeknik Negeri se Indonesia. Pendaftaran jalur UMPN Polije dilakukan hanya secara online melalui laman htpps://pmb-online.polije.ac.id.
Melalui pendaftaran jalur UMPN ini, pendaftar juga dapat memilih prodi kerjasama internasional, untuk tes kelompok IPA disediakan Prodi Manajemen Informatika jenjang Diploma III bekerjasama dengan Changzhou Institute of Mechatronic Technology (CIMT) China, serta Prodi Teknik Informatika dan Manajemen Agroindustri untuk jenjang Sarjana Terapan bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia. Sedangkan untuk tes kelompok IPS dapat memilih prodi Akuntansi Sektor Publik jenjang Sarjana Terapan bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia.
“Prodi program Kelas Internasional, pelaksanaan perkuliahannya dilaksanakan di kampus Polije dan kampus mitra baik di China dan di Malaysia. Mereka lulusan akan mendapatkan 2 ijasah yaitu ijasah dari Polije serta ijasah dari PT mitra baik yang di China maupun Malaysia”, papar Surateno.
Segera cari informasi pendaftarannya di laman pendaftaran maupun  laman Polije www.polije.ac.id serta persiapkan mata pelajaran yag diujikan, untuk kelompok IPA meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk kelompok IPS meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Akuntasi.

Keterangan foto :
UMPN Sediakan Program Dual Degree : Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP beserta Pimpinan ketika Melepas Mahasiswa Berangkat Studi ke China. (Mia/iza/hms)

Post a Comment

0 Comments