SMPN 4 Lumajang Terapkan Program Pendidikan Berkarakter


Lumajang, Kabarejember.com
----Pendidikan karakter yang sekarang booming diperbincangkan para pendidik dan sedang di terapkan di setiap sekolah-sekolah Indonesia, mulai dilirik warga. Sasaran pendidikan karakter adalah semua warga sekolah, meliputi para peserta didik, guru, karyawan administrasi, dan pimpinan sekolah.

Pendidikan karakter di sekolah yang  didefinisikan sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh, yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah.

Adapun tujuan pendidikan karakter adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi kelulusan.

Karakter seseorang merupakan penggabungan dari tabiat, watak, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang digunakan sebagai landasan cara untuk ber pandang, bersikap, berfikir, dan bertindak.

Berbicara soal pembentukan karakter pada anak didik. SMPN 4 Lumajang salah satunya. SMPN 4 Lumajang, yang mempunyai sebutan Spenfourlu ini, selama dipimpin oleh kepala Sekolah  Is Indayati lebih mengutamakan pada pembentukan karakter, hal itu disampaikan oleh Kepala sekolah Is Indayati, saat di temui media ini di ruang kerjanya, Jum'at (26/07/2019) pagi.

Menurut, Is Indayati tujuan Sekolah sak Ngajine SMPN 4 Lumajang yaitu Membangun Generasi Qur'ani.

"Orientasinya karena sewaktu anak-anak di rumah, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk 'BER HP RIA' tanpa memperdulikan kewajiban yang seharusnya dilakukan, terutama Sholat, baca Al Qur'an dan belajar juga sebagian besar perintah orang tua saat ini terkalahkan oleh HP," jelasnya.

"Berangkat dari rasa prihatin inilah, maka kami sangat membutuhkan kerja sama orang tua (wali murid) dengan sekolah. tidak lain untuk  mewujudkan penguatan pendidikan karakter yang terdiri dari 5 aspek. Diantaranya yaitu, Religius, Nasionalis, Integritas, mandiri dan gotong royong. Namun sebagai dasar kekuatan peningkatan karakter, kwalitas akedemik/non akedemik adalah religius/ peningkatan Iman dan taqwa," ujarnya.

Kepala Sekolah (Kasek) beserta seluruh stake holder (pemergang kebijakan) sekolah berharap, agar wali murid meningkatkan kerja sama yang baik dalam hal pendidikan karakter anak, terutama di rumah, yang waktunya lebih banyak dibanding di sekolah. "Jadi, mari kita bersama-sama pasti bisa," harap Is Indayati..



Motto SMPN 4
Bersama SMPN 4 LMJ *ALHAMDULILLAH BERAKHLAQUL KARIMA
BERPRESTASI PEDULI LINGKUNGAN  YES.. YES.. YES...*
( Suatman )

Post a Comment

0 Comments