Wabup Indah Hadiri Ritual Tawur Labuh Gentuh


Lumajang, Kabarejember.com 
(13/07/2019)  -- Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., menghadiri Upacara Ritual Tawur Labuh Gentuh yang diselenggarakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Sabtu (13/7/2019).

Ritual tersebut merupakan rangkaian Upacara Piodalan umat Hindu lima tahun sekali. Tujuan untuk membangun kesejahteraan dan kerukunan alam semesta.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengucapkan terimakasih kepada umat Hindu yang telah beupaya melestarikan alam, yaitu melalui Ritual Tawur Labuh Gentuh.
"Mudah-mudahan kerukunan umat bisa kita jaga dan saya pastikan tidak ada masalah dengan perbedaan," harap Wabup.

Wabup menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Lumajang memiliki kewajiban menjaga kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, Bupati dan Wabup akan menjamin adanya perbedaan tidak akan menjadi masalah.
"Harmonisasi itu adalah modal dasar untuk melaksanakan pembangunan, menjadi kewajiban pemerintah untuk menjaga itu," tandasnya.

Tampak turut hadir pada ritual itu, Istri Wakil Gubernur Bali, Tjok Putri Hariani Ardhana Sukawati.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Tjokorda Kertayasa., mengucapkan  terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang telah memberikan perhatian kepada persatuan dan kerukunan umat beragama.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan upacara  untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua umat diberikan kekuatan lahir batin dan kerukunan bagi umat sedarma, bagi seluruh masyarakat serta alam semesta.

Diungkapnya, upacara ritual tersebut merupakan upacara warisan yang dilakukan oleh para leluhur.

"Kami bukan memulai, kami adalah melanjutkan, harapan kami untuk meningkatkan kembali kerukunan , dan keharmonisan dengan sesama," jelasnya. (Atman)

Post a Comment

0 Comments