Proyek Pembangunan Tol Probolinggo - Lumajang Diperkirakan Tuntas 2023


Lumajang, Kabarejember.com
(20 Desember 2019) -- Proyek Pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang diperkirakan bakal tuntas pada 2023. Hal ini diutarakan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., usai Safari Jum'at, di masjid Al Roudloh, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jum'at (20/12/19).

Bupati mengatakan, bahwa pembahasan teknis detail jalan tol Porobilnggo - Lumajang dimulai pada 2020 mendatang, mulai trase jalur, exit tol serta area lahan yang bakal digunakan.

"2020 perencanaan teknisnya, mulai trase, penggunaan lahan hingga proses - proses lainnya, 2021 ini nanti sudah mulai dikerjakan. Harapannya 2023 bisa kita rasakan bersama manfaatnya," jelasnya. 

Sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, ruas jalan tol Probolinggo - Lumajang akan dibangun melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Sementara, estimasi nilai investasi telah tercatat sebesar 4,7 triliun.

Bupati menyampaikan, hal ini merupakan salah satu upaya penanganan terkait masalah kemacetan di jalan Nasional area Kecamatan Klakah - Ranuyoso.

Selain tol, jalan nasional Probolinggo – Lumajang juga bakal diperlebar guna menangani kemacetan. Anggaran berasal dari APBN dengan nilai sebesar 454 M.

“Ini nanti akan ada percepatan dalam mengatasi  kemacetan yang sering terjadi, tentu di tahun yang akan datang jalan nasional Probolinggo – Lumajang akan lebih lebar,” pungkasnya.
Reporter : Suatman

Post a Comment

0 Comments