Hadiri Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19, Kapolres Berharap 100 Persen Masyarakat Mendapatkan Vaksin



LUMAJANG, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K, M.Si. menghadiri rapat koordinasi (rakor) percepatan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Lumajang, di laksanakan di Loby Kodim 0821/ Lumajang, Selasa (31/8/2021)


Hasil rakor tersebut adalah akan dilaksanakan percepatan vaksin Covid-19 bagi masyarakat di Kabupaten Lumajang guna segera memutus penularan Covid-19.


Rapat koordinasi dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno S.I.K., M.Si, Dandim 0821/ Lumajang, Letkol Andi A Wibowo,S.Sos.,M.I.Pol, Bupati Lumajang, yang di wakili Basuni, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kemenag Kab. Lumajang, Kepala Dinas pendidikan kabupaten Lumajang, dan Cabang dinas pendidikan wilayah kabupaten Jember.


Selain itu juga dihadiri Ketua PC NU kab. Lumajang, Ketua PC Muhammadiyah, Pimpinan Ponpes Kyai Syarifudin Wonorejo, Pimpinan Ponpes Al Islah Pulosari, Pimpinan Ponpes Al-Istiqomah Kebonagung, dan Pimpinan Ponpes Miftahul Midad Sumberejo


Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno menyampaikan, Dalam Rakor tersebut membahas tentang kendala-kendala yang selama ini dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, diantaranya kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya vaksin.


"Karena masih saja ada masyarakat yang mempercayai bahwa vaksin mengakibatkan resiko kematian," ujarnya.


Selain itu, Kapolres menyampaikan, bahwa pasokan vaksin Kabupaten Lumajang hingga sekarang masih tersedia 36 ribu dosis 1 dan dosis 2 yang akan ditambah pada pasokan-pasokan vaksin berikutnya.


"Sehingga nantinya diharapkan 100% masyarakat di Kabupaten Lumajang mendapat vaksin Covid-19," tutur Eka Yekti.


Lebih lanjut, Kapolres menambahkan, pihaknya bersama Forkopimda Lumajang dan semua elemen masyarakat akan berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang.


Untuk itu Eka Yekti, menghimbau kepada masyarakat jangan takut resah, karena vaksin Covid-19 itu aman dan halal.


Kegiatan vaksinasi ini yang di lakukan Polres Lumajang sementara ke Sekolah-sekolah, Pondok Pesantren, dan Pabrik. Bahkan di desa-desa menggelar vaksinasi covid-19 bagi masyarakat Lumajang secara gratis.


Kapolres menghimbau kepada masyarakat Lumajang jangan ada lagi yang menolak untuk divaksin.


"Karena Ini salah satu bentuk ikhtiar kita agar tehindar dari penularan Covid-19” jelas AKBP Eka Yekti.


Dandim 0821 Lumajang Letkol Andi A Wibowo mengatakan, Target vaksin di Kabupaten Lumajang harus tercapai maximal.


"Kita beri beberapa solusi dan himbauan akan kita beri pengertian supaya mau di vaksin," ujarnya.


Menurut Dandim, vaksin tidak ada paksaan akan tetapi menjadi kesadaran untuk pengasuh pondok dan orang tua santri dan pelajar sekolah.


"Untuk SDM masyarakat kita masih rentan untuk berpikir masalah vaksin," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, Kabupaten Lumajang hanya diberikan 10 ribu dosis untuk dosis 1 dan 2 .


"Sampai hari ini sisa vaksin masih 36 ribu. Untuk vaksin moderna masih kami pilah pilah karena efek moderns itu sakit demam 3 harian, namun kalau ke luar negeri harus pakai moderna dan kota besar sudah pakai moderna. " ujarnya


Bayu menyampaikan, Mengapa capaian target vaksin di Kabupaten Lumajang masih kurang, karena sebagaian masyarakat baik itu di sekolah dan pondok karena kekawatiran bila sudah vaksin takut meninggal dan sebagainya.


"Tantangan kita adalah pasokan vaksin rendah dan estimasi pemikiran masyarakat yang awam atau takut," tandasnya.(Humas Polres Lumajang)

Post a Comment

0 Comments