Polres Lumajang Amankan Kunjungan Menteri Pariwisata “Sandiaga Uno” Resmikan Desa Wisata Ranupani



LUMAJANG, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno berkunjung dan meresmikan Desa Wisata Ranupani di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Minggu (19/9/21)


Kunjungan Sandiaga Uno ke Kabupaten Lumajang adalah kunjungan kesekian kalinya, namun kali ini sebagai Menteri Pariwisata Sandiaga Uno meresmikan desa Ranupani sebagai desa wisata yang telah berhasil lolos 50 besar dari 1830 desa wisata lainnya di Indonesia.


Dalam kunjungan Sandi tersebut, Polres Lumajang melibatkan kurang lebih 100 personil Polres Lumajang untuk melaksanakan pengamanan, yang dibantu personil pengamanan dari Kodim 0821, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD Kabupaten Lumajang.


Pengamanan dilaksanakan dari mulai kedatangan pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021 hingga hari Minggu tanggal 19 September 2021, selanjutnya Sandiaga Uno rencananya bertolak ke Malang untuk melanjutkan kunjungan kerjanya.


Melalui Kasubsipenmas Humas Polres Lumajang Aipda Ari Wibowo,S.H., Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K, M.Si. menyampaikan bahwa Pengamanan kunjungan Menteri Pariwisata ini dilaksanakan selama 2 hari, selanjutnya personil pengamanan disebar pada simpul-simpul kerawanan jalan yang dilalui, tidak hanya itu bahwa selama kunjungan ini berlangsung personil pengamanan dibagi menjadi 2 jenis pengamanan yaitu pengamanan terbuka dengan melibatkan anggota yang berseragam, dan pengamanan tertutup melibatkan anggota yang tidak menggunakan seragam dinas.



Ari menyampaikan bahwa dalam apel pengamanan kunjungan Menteri Pariwisata ini, Kapolres berpesan agar seluruh personil waspada dan melaksanakan pegamanan sesuai SOP yang berlaku, tidak lupa Kapolres juga menekankan kepada seluruh personil pengamanan untuk tetap persuasif dalam melaksanakan pengamanan, serta senantiasa memberikan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat yang turut menyambut kedatangan Menteri Sandiaga Uno agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Dengan demikian diharapkan dalam pelaksanaan pengamanan ini berjalan dengan tertib, kondusif dan tetap bisa menekan angka penularan covid-19.


Dalam rangkaian kegiatan kunjungan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno tersebut tampak antusiasme warga, Bang Sandi sapaan akrab Menteri Pariwisata menyempatkan menikmati indahnya alam Ranupani dengan olah raga pagi jogging memutari danau ranupani dan ranu regulo. Selanjutnya bang Sandi menandatangani prasasti sebagai simbol diresmikannya Desa Ranupani sebagai desa wisata di Indonesia.


Hingga akhir, kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar, tampak Bupati Lumajang H. Toriq dan Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah bersama Forkopimda mendampingi Bang Sandi menyapa masyarakat yang tetap tertib memakai masker sesuai protokol kesehatan. (Humas Polres Lumajang)

Post a Comment

0 Comments