33 Kades Dilantik, Kapolres Imbau Harus Bisa Menjaga Kondusifitas di Lumajang



Lumajang,- 33 Kepala Desa terpilih yang sebelumnya melewati proses pemilihan Kepala Desa serentak, secara resmi dilantik. 


Pelantikan itu, dipimpin langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq serta dihadiri oleh Kapolres, AKBP Eka Yekti Hananto Seno beserta beberapa stakeholder dan Forkopimda lainnya di Pendopo Arya Wiraraja pada Senin, 20 Desember 2021. 


Bupati menjelaskan, pelantikan itu terdiri dari 10 Kades incumbent, 1 Pj Kades dan 22 Kades baru. Beberapa pesan, disampaikan oleh Bupati dalam prosesi pelantikan itu, terutama bersinergi membangun Desa. 


"Kades terpilih, diharapkan bisa segera melakukan konsolidasi internal, baik dengan Perangkat Desa atau masyarakat untuk bersama-sama membahas soal pembangunan dan perkembangan Desa," ujarnya. 


Sementara itu, Kapolres menambahkan, bukan hanya soal pembangunan Desa saja. Ia juga menghimbau Kades terpilih tersebut untuk ikut berpartisipasi menjaga kondusifitas Lumajang. 


Pasalnya, AKBP Eka Yekti mengungkapkan jika menjaga kondusifitas, dan stabilitas wilayah merupakan tanggung jawab bersama. 


"Kita semua harus berkoordinasi, bersinergi demi terciptanya Lumajang yang aman dan tentram, saya ingatkan jangan main-main dengan anggaran desa, jangan diselewengkan, itu untuk rakyat desa, prioritas utamanya untuk membangun desa" tegas Kapolres. 


Diungkapkan Kapolres disela-sela acara, kondisifitas wilayah bukan hanya berkutat pada keamanan dan perekonomi desa saja namun penting juga kondusifitas dalam menghadapi pandemi Covid 19. 


"Masih belum semua masyarakat mendapat vaksinasi, saya berharap kepemimpinan baru bisa meningkatkan angka percepatan vaksinasi, saya minta pak Kades yang baru bersinergi dengan forkopimca untuk mengajak dan berupaya memenuhi hal itu," pinta Eka Yekti. 


Hal senada disampaikan oleh Eka, bahwa baik Pemerintah, Polri dan TNI serta stakeholder yang ada sudah keras berupaya dalam penanganan covid 19. Pihaknya berharap ini mendapat dukungan penuh dari para Kades yang baru menjabat. 


"Stok vaksin dari pemerintah sudah siap, petugas juga siap, tinggal nanti para kades ini harus aktif mengajak dan mengimbau warganya untuk melaksanakan vaksin, Kades harus aktif, kreatif dan inovatif dalam hal itu"ulas Eka Yekti. 


Diakhir acara pelantikan, tampak Kapolres bersama forkopimda dan tamu undangan langsung memberikan ucapan selamat kepada para Kepala Desa yang baru dilantik. (Oborlmj)

Post a Comment

0 Comments