Operasi Lilin Semeru 2021 Digelar Polres Lumajang, Sopir Bus di Terminal Minak Koncar Mendadak Dites Urine dan Vaksin



Lumajang,- Selain cek kelayakan jalan dan kelengkapan angkutan umum, saat ini, tes urine juga serentak  dilakukan oleh aparat Polres Lumajang menyasar Sopir, dan Kondektur bus yang melintas di Terminal Minak Koncar, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Kasat Resnarkoba, AKP Ernowo menjelaskan pengecekan urine tersebut, dilakukan secara mendadak. Selain melibatkan aparat Polres sendiri, pengecekan itu juga melibatkan aparat Dishub setempat.


Setidaknya, terdapat 25 Sopir dan kondektur bus yang saat ini mengikuti adanya pengecekan urine tersebut.


"Untuk memastikan keselamatan penumpang selama perjalanan. Sebab, Sopir yang kedapatan mengkonsumsi narkotika, sangat membahayakan keselamatan penumpang," kata Kasat Resnarkoba. Jumat, 24 Desember 2021 siang.


AKP Ernowo kembali menjelaskan, pengecekan itu, tidak hanya menyasar puluhan Sopir dan Kondektur bus yang saat itu sedang berada di Terminal Minak Koncar Wonorejo Lumajang, namun juga beberapa penumpang.


"Pengecekan urine ini dilakukan serentak. Tepatnya, di setiap terminal di seluruh daerah, tidak hanya Sopir atau Kondektur, kami juga menyasar Penumpang secara acak, tentunya tentang narkoba, kami tidak mau kecolongan" jelasnya.


Kasat Resnarkoba kembali menjelaskan, upaya pengecekan urine itu, dilakukan sebagai dasar deteksi penyalahgunaan dan peredaran narkotika di sejumlah daerah yang mulai marak menyasar para Sopir bus. Alhasil, selama pengecekan urine berlangsung, tak ditemukan satupun Sopir bus yang kedapatan positif atau mengkonsumsi obat terlarang jenis narkotika.


"25 Sopir bus dinyatakan negatif, dan 2 penumpang lainnya juga negatif narkotika. Kami juga melakukan vaksinasi pada Sopir, Kondektur dan Penumpang bus tersebut," terang AKP Ernowo.


Ditemui di ruang kerjanya, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti hananto Seno menjelaskan hal senada, selain pengecekan urine, di lokasi itu juga digelar adanya vaksinasi massal oleh tenaga kesehatan dari Sidokkes Polres Lumajang.


“Operasi Lilin Semeru 2021 yang kami gelar kali ini, bukan hanya fokus pada pengamanan Natal dan Tahun baru, kami juga fokus dalam penegakan hukum sehingga dirasa perlu melakukan tes urine, selain itu kita masih dalam kondisi waspada covid-19, prediksi-prediksi angka lonjakan covid-19 perlu kita antisipasi, maka polres Lumajang juga menerjunkan tenaga kesehatan dari Sidokkes untuk melayani vaksinasi bagi Sopir dan Kondektur serta penumpang di Terminal Minak Koncar, semoga semua tertib, aman dan terkendali” pungkas kapolres AKBP Eka Yekti. (Oborlmj)

Post a Comment

0 Comments