Kapolri Pantau Vaksinasi Serentak di Hari Kedua, Polres Lumajang Sasar Warga Ranuyoso


Lumajang,- Pelaksanaan vaksinasi serentak yang digagas oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terus bergulir.

Vaksinasi itu, digelar di 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi itupun dipantau langsung secara virtual oleh Kapolri. Untuk pusat vaksinasi serentak kali ini, dipusatkan di Celebes Convention Center, Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan. Jumat, 31 Desember 2021.

Pada pelaksanaan vaksinasi kali ini, setidaknya terdapat ratusan dosis vaksin jenis Sinovac yang telah dipersiapkan oleh Polres Lumajang.

Sasarannya, adalah warga Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pelaksanaan vaksinasi itu, digelar di Balai Desa Alun-alun. 

"Ada 422 dosis vaksin yang sudah kita siapkan. Jenis vaksinnya, adalah Sinovac. Ini menyasar masyarakat umum dan lansia," kata Kapolres, AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Kapolres menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi itu pihaknya telah menerjunkan 7 tim Dokkes Polri yang ditunjuk sebagai tim vaksinator. "dibantu 8 perawat. Mereka dari relawan," jelasnya.

Bukan hanya itu, dijelaskan Kapolres, vaksinasi itu juga diwarnai dengan adanya sosialiasi soal protokol kesehatan, hingga larangan perayaan malam pergantian tahun. Pasalnya, saat ini pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat, terutama soal perayaan malam pergantian tahun.

"Alangkah baiknya kalau dirayakan di rumah saja bersama keluarga, tanpa harus menimbulkan kerumunan atau aksi geber-geber kendaraan di jalan raya," tandas Kapolres.

Saat ini, Kapolres berujar jika akselerasi capaian vaksinasi harus terus ditingkatkan. Pasalnya, saat ini capaian vaksinasi belum mencapai angka 73 persen.

"Kita harapkan, semua bisa melakukan akselerasi, kita harus tempuh langkah-langkah inovatif dan strategis. Sehingga, kita bisa mengejar target yang ditentukan Pemerintah," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri menegaskan seluruh jajarannya untuk segera mengambil langkah-langkah pengendalian Covid-19. Hal itu, ditegaskan oleh Kapolri ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi di Makassar.

Akselerasi, menurut Kapolri, sangat penting untuk segera dilakukan. Sebab, saat ini Pemerintah telah mengantisipasi adanya serangan Covid varian baru jenis Omicron. Varian itu, memiliki kecepatan penularan 5 kali lebih cepat jika dibanding varian Delta. (Oborlmj)

Post a Comment

0 Comments