Kapolres Lumajang Hadiri Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tahun 2023


Lumajang, Merdekanews.id Kapolres Lumajang,AKBP Boy Jekson Situmorang SH. S. I. K. MH. Menghadiri Upacara Bendera Peringatan Hari pendidikan Nasional Tahun 2023 di Alun-Alun Lumajang.

Dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, MSi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Sekda , Drs. Agus Triyono, M.Si, Ketua DPRD Kab. Lumajang Eko Adis Prayoga, SE, Dandim 0821 Lumjang, Letkol Czi Gunawan Indra Yitno, ST, MM, Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jekson Situmorang SH. S. I. K. MH,, Kepala BNN Lumajang, AKBP Indra Bhrahmana, Ka.Korum Yonif 527 / BY Letda inf. Dwi, dan Danden AU AWR Letda Tek Dimas.

Apel yang diikuti oleh Peserta Upacara, Pleton ASN Pemkab Lumajang, dan Pleton Pelajar, dan Mahasiswa.

Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang Jatuh Pada Tanggal 2 Mei, Hardiknas atau Pendidikan Nasional diperingati setiap tahun yang bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara dengan tema “Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati membacakan Amanat Menteri Pendidikan di Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yang mengambil tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” diharapkan bisa mengevaluasi, merenungkan, dan merencanakan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. 

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," jelasnya.

Bunda Indah menyampaikan, bahwa pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat dari seluruh Indonesia.

Menurutnya, pakaian tersebut merupakan perwujudan semangat bhineka tunggal ika. Oleh karena itu, Bunda Indah mengharapkan agar generasi muda bangsa Indonesia mampu merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hari ini kita mengenakan pakaian adat suku bangsa seluruh Indonesia, artinya banyak suku tapi satu, banyak bahasa tapi satu, beragam budaya tapi satu, bermacam agama tapi satu, oleh karena itu kita harus tanamkan kesatuan persatuan demi negara Indonesia tercinta," katanya.

Terpisah Kapolres Lumajang AKBP Boy Jekson Situmorang SH. S. I. K. MH melaui Kasi Humas Polres Lumajang Ipda Novandy Helda Prasetya menjelaskan,  Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) juga bukanlah hanya sebatas peringatan saja.

"Namun dengan peringatan HARDIKNAS tersebut juga bisa ikut di iringi dengan kesadaran diri dari masing masing kita pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa yang bermartabat dan terhindar dari segala tindakan yang berbau kriminalisme,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolres Lumajang berharap pada Hardiknas kali ini, semoga pendidikan terus maju sehingga generasi penerus dapat bersaing dilevel dunia untuk memajukan dan mengharumkan nama bangsa.

“Saya mengajak para pelajar, dan semua warga masyarakat, bersama menolak narkoba, miras dan melawan berita Hoax yang dapat memecah belah persatuan bangsa,” tutup Boy Js.

Post a Comment

0 Comments