Wabup Timbul Buka PKP Angkatan XII


PROBOLINGGO, Merdekanews.id 
Untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan pengawas, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan XII Kabupaten Probolinggo, Rabu (21/6/2023) di ruang diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo.

PKP angkatan XII ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Sosial Kultural pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jawa Timur Anung Widjaja.

Sebanyak 30 orang PNS yang berkesempatan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dari pejabat eselon IVa dan eselon IVb di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terdiri dari eselon IVa sebanyak 25 orang dan eselon IVb sejumlah 5 (lima) orang yang terbagi 16 orang pria dan 14 orang wanita.

Dari 30 orang eselon IVa dan IVb ini diberikan pelatihan oleh tim Pengajar/Widyaiswara yang berasal dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Jatim, Perguruan Tinggi, Pejabat Pemkab Probolinggo. Kurikulum yang diberikan berupa kepemimpinan Pancasila dan bela negara, pengendalian pekerjaan dan aktualisasi kepemimpinan.

Para peserta kepemimpinan pengawas dapat mengikuti pembelajaran mandiri yang berada di unit kerjanya masing-masing dari tanggal 19 hingga 30 Mei tahun 2023 untuk tahap pertama. Berlanjut pada tahap kedua berupa pembelajaran e-learning di unit kerjanya dari 31 Mei hingga 16 Juni dan tahap ketiga dalam hal pembangunan komitmen bersama (Off Campus) pada tanggal 17 hingga 20 Juni.

Sedangkan tahap keempat, para peserta pelatihan mengikuti kegiatan klasikal tahap I (On Campus) di Diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo dari 21 Juni hingga 11 Juli tahun 2023 yang berlanjut pada tahap kelima berupa Implementasi Aksi Perubahan (Off Campus) di unit kerjanya dimulai 12 Juli sampai dengan 10 September. Para peserta di tahap keenam ini melakukan klasikal tahap II (On Campus) di Diklat BKPSDM dari 11 September hingga 13 September.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan kegiatan peningkatan kompetensi kepemimpinan aparatur Pemerintah sesuai jabatan struktural eselon IV atau jabatan pengawas serta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar dapat memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian berorientasi terhadap pelayanan prima dan juga pengembangan partisipasi masyarakat.

“Pejabat eselon IV dengan kompetensi kepemimpinan yang dimilikinya itu sangat mendukung terhadap tugas birokrasi pada pemerintahan. Dengan pelatihan kepemimpinan pengawas ini diarahkan agar dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi, tanggap dan memiliki kecerdasan untuk berinovasi dan berkreasi dalam pelayanan publik sesuai yang diharapkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin menyampaikan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di angkatan XII ini bertemakan bersama untuk sinergi “Empat Tas” pada program Bus Patas yakni Loyalitas, Kualitas Efektivitas dan Tuntas dalam peningkatan pelayanan masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Dengan pelatihan ini pula untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur Pemerintah,” ungkapnya.

Post a Comment

0 Comments