Wujudkan Rasa Syukur, Pemdes Jrebeng Wonomerto Gelar Ritual Selamatan Desa


Probolinggo,Merdekanews.id 
Ribuan warga desa Jrebeng kecamatan Wonomerto kabupaten Probolinggo tumpah ruah dalam satu titik lokasi tempat diselenggarakannya kegiatan tahunan yakni Ritual Selamatan Desa yang diadakan Pemerintah desa setempat, Jumat (23/6).
Menurut Kepala Desa Jrebeng, Ruslan menjelaskan jika kegiatan ini merupakan momen tahunan yang menjadi simbol ungkapan terima kasih pada Alloh SWT atas berkah dan barokah yang diberikan pada desa ini. "Kegiatan ini merupakan satu bentuk ungkapan rasa syukur pada yang Maha Kuasa atas keberkahan yang berikan pada desa ini. Rituan selamatan desa ini menjadi bagian dari agenda pemdes dalam setiap tahunnya. Selain itu, selamatan desa ini juga menjadi ajang memperkuat tali silaturahmi antar warga yang dipertemukan dalam satu kegiatan."ujarnya.

Lebih lanjut Ruslan mengatakan kegiatan selamatan desa ini merupakan yang pertama kali sejak dirinya memimpin desa tersebut. "Alhamdulillah untuk pertama kalinya kegiatan selamatan desa ini bisa terlaksana pasca saya dilantik menjadi kades (1 Maret 2022). Insya Alloh acara semacam ini akan kami usahakan untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya."jelas Ruslan yang menghadapi kegiatan ini seolah tidak asing lagi, mengingat dirinya lama berkecimpung di Pemdes Jrebeng sebagai perangkat desa.
Perlu diketahui bahwa data statistik jumlah warga desa ini berjumlah 3 ribu lebih dan yang mempunyai hak suara sekitar 2.400 jiwa. Dibantu 11 orang perangkat desa termasuk sekdes, Ruslan berupaya menciptakan satu kondisi wilayah yang aman dan kondusif. Begitu juga terkait pelayanan, dengan tegas Ruslan mengatakan terkait pelayanan "Kami berupaya memberi pelayanan secara maksimal dan secara pribadi, saya berkomitmen memberi pelayanan 24 jam."tegasnya.
Begitu juga aktifitas warga yang hampir mendominasi bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini yang menguatkan komitmen pemdes Jrebeng untuk terus memperhatikan kebutuhan petani selain juga memprioritaskan sektor pembangunan didesa ini. 

Kembali ke acara selamatan desa, pada momen tersebut nampak hadir Forkopimka Wonomerto, sejumlah Kades se kecamatan Wonomerto, Tokoh Masyarakat dan Agama serta undangan lainnya. Dalam kegaiatan ini juga menampilkan seni atau hiburan berupa orkes sambutan yang mendapat antusias yang luar biasa dari warga desa ini.
"Mudah mudahan dengan diadakannya kegiatan ini, akan membawa keberkahan bagi masyarakat desa ini serta wabil khusus bagi pemerintah desa Jrebeng."pungkas Ruslan. (Suh)

Post a Comment

0 Comments