Gandeng KPK Sosialisasi Anti Korupsi di Pemda Karimun .


Merdeka News id.
Karimun 04/10/2023.
Dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Berintegritas, Pemda Karimun melalui Inspektorat Daerah menggelar Sosialisasi Anti Korupsi dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 Republik Indonesia, bertempat di Gedung Nilam Sari, Tanjung Balai Karimun. Selasa (3/10/2023).

Acara dibuka langsung Bupati Karimun Aunur Rafiq dan diikuti oleh Wakil Bupati, Sekda,  di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan terima kasih atas kehadiran tim Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korsupgah KPK RI Wilayah I di Kabupaten Karimun untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara .

“Mudah-mudahan dengan pembekalan ini dapat memberikan peringatan dan pencegahan kepada ASN khususnya di Pemda Karimun,” kata Aunur Rafiq.

Rafiq berharap kegiatan sosialisasi ini bisa  secara rutin sehingga mampu menebarkan kekuatan gerakan antikorupsi ini.

“Dengan adanya sosialisasi dari KPK ini tidak ada lagi penindakan, tetapi lebih kepada pencegahan pendidikan karakter  yang bisa memperbaiki dan mendorong gerakan anti korupsi,” harap Rafiq.

Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korsupgah KPK RI Wilayah I Maruli Tua Manurung mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada ASN dilingkungan Pemda Karimun dalam mengawal tata kelola pemerintahan k bersih dari penyalahgunaan korupsi.

“Tugas dan fungsi kami melakukan koordinasi dan supervisi, untuk bersama-sama memperkuat pengawasan baik dari Inspektorat maupun juga OPD yang terkait.

Menurut Maruli ada delapan area yang cukup rawan terjadi korupsi yang berulang yaitu perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, APIP, manajemen aset, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah dan tata kelola dana Desa.

“Alhamdulillah, tahun 2022 pemerintah Kabupaten Karimun sebesar 91, nomor dua setelah Pemko Batam dan tahun ini nilai MCP Karimun sudah 70. 

Kami harapkan bisa lebih maju dan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Maruli.

Pada kesempatan itu, Maruli juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi penyusunan dan perencanaan APBD tahun 2024 Kabupaten Karimun di tempat.



Penulis LBS.

Post a Comment

0 Comments