Lestarikan Budaya, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Gelar Pertunjukan Kentrung Kreasi


 

Kediri Kabupaten, merdekanews.id– Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar kentrung kreasi dengan tema Kala Senja di Bumi Panjalu dengan mengambil judul ” Jimat Lontar Nyi Girah”.
 
Kegiatan tersebut digelar di taman totok kerot yang berada di area arca totok kerot, desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, pada Rabu (29/11/2023).

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mengangkat budaya kediri. Selain itu juga untuk menarik wisatawan sehingga meningkatakan pendapatan daerah.

Dr. Nur Miftahul Fuad, M.Pd kepala bidang GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri mengatakan bahwa kegiatan ini juga dapat memunculkan icon kabupaten kediri yakni musik kentrung

“Saat ini yang kita tonjolkan yakni kentrung kreasinya, dengan adanya tampilan yang didalamnya diisi berbagai fragmen,” terang Fuad.

Lebih lanjut Fuad mengatakan bahwa dalam musik kentrung ini yang ditonjolkan adalah seni budaya. ” Untuk kentrung kreasi ini yang kita tampilan adalah hiburan, fragmen ceritanya, serta ada musiknya,” lanjutnya.

Sementara itu untuk Kala senja ini merupakan menunjuk kegiatan yang dilaksanakan pada sore hari.
Dan nantinya kegiatan ini akan digelar tidak hanya di taman totok kerot saja namun juga digelar ditempat – tempat lainnya seperti di candi surowono maupun di candi tegowangi atau ditempat wisata lainnya.

Sementara itu untuk ekstra khusus kentrung di sekolah, Fuad mengatakan bahwa nanti kedepannya disekolah sekolah akan diadakan ekstra kulikuler dan membentuk grup kentrung dimasing masing sekolah.

” Harapan kedepannya kegiatan ini dapat menginspirasi sekolah sekolah untuk membuat grup kentrung sendiri, dan mendukung juga harapan dari kabupaten Kediri berbudaya,” pungkasnya.

Perlu diketahui kegiatan tersebut dihadiri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Drs. Mohammad Muhsin, Kepala sekolah se kabupaten Kediri serta ibu bapak guru di Kabupaten Kediri.(Dwi)

Post a Comment

0 Comments