PSC RSUD dr Iskak Tulung Agung Jadi Referensi Nasional, RSUP Cipto Mangunkusumo Ikut Adopsi



Tulungagung, merdekanews.id Layanan Public Safety Center (PSC) yang dikembangkan RSUD dr Iskak Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim) menjadi referensi bagi RSU lain di Indonesia.

Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSUPNCM) Jakarta. Manajemen rumah sakit ini mengirim team untuk belajar mengadopsi PSC RSUD dr Iskak.

Sejak Rabu (13/3/2024) hingga Sabtu (4/4/2024) team RSUPNCM datang secara langsung untuk belajar di RSUD dr Iskak. Team diketuai oleh dr Supriyanto, Sp.B.

Team mempelajari layanan cepat kegawatdaruratan medis maupun non medis melalui PSC. Materi disampaikan koordinator pendidikan dan Diklat RSUD dr Iskak, Agus Heru Cahyono, S. AP.

“Satu minggu pertama peserta pelatihan diberikan materi klasikal dan minggu berikutnya berupa praktik,” ucapnya.

Ada beberapa materi klasikal yang diberikan yaitu berupa sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, prinsip ambulan safety, bantuan hidup dasar pre hospital, manajemen kasus trauma dan non trauma pre hospital dan juga beberapa materi kegawatdaruratan lainnya.

Pelaksanaan pelatihan yang diikuti RSUPN Cipto Mangunkusumo ini, terbagi dalam dua angkatan. angkatan pertama berlangsung mulai Rabu (13/3/24) sampai Sabtu (6/4/24).

Sedangkan angkatan kedua mulai Senin (22/4/24) hingga Rabu 22/5/24. Langkah kedepan usai mengikuti pelatihan, untuk para peserta juga mengikuti2 ujian praktik.

Melalui ujian praktik diharapkan para peserta dapat mempraktikan langsung materi yang diperoleh untuk melayani masyarakat di Jakarta.

Terakhir Layanan PSC 119 ini, dapat langsung menghubungi melalui nomor hotline (0355) 320-119 serta aplikasi android emergency button yang dirancang untuk memudahkan komunikasi antara warga dengan rumah sakit saat mengalami kondisi darurat.(Dwi)

Post a Comment

0 Comments