Bupati dan Wabup Tinjau Sentra Durian Wisata Sumbersedaeng


Lumajang, KaJe
Pemerintah Kabupaten Lumajang tetap berkomitmen untuk memperkenalkan potensi Durian Lumajang agar lebih dikenal masyarakat, dalam kota maupun luar kota. Hal itu diutarakan Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M. ML., saat meninjau Sentra Penjual Durian, di Wahana Wisata Sumbersedaeng,  Dusun Wonosari, Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, Sabtu (09/03/19) pagi.
Bupati mengatakan, bahwa, untuk memasarkan potensi Durian yang ada di Kabupaten 
Lumajang, salah satunya adalah mengadakan festival  Durian.  Rencananya Festival Durian itu akan diadakan pada bulan April mendatang.                             "Festival itu nanti dapat meningkatkan potensi pasar Durian yang ada di Lumajang, supaya lebih dikenal di berbagai Kabupaten / Kota," ujarnya.

Bupati ingin distinasi wisata Sumbersedaeng yang berada di Desa Wonokerto dapat dibangun lagi, sehingga menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung.

Senada dengan Bupati,  Wakil Bupati Lumajang, Bunda Indah menilai, potensi Durian yang ada di Desa Wonokerto sudah cukup dikenal di beberapa  Kabupaten/Kota.                                     

Ia berharap, dengan adanya festival Durian nanti, dapat lebih memperkenalkan durian Lumajang di luar daerah 

Ia menghimbau kepada warga masyarakat, agar lebih peduli terhadap lingkungan. Peduli lingkungan dimaksudkan, seperti menjaga sumber mata air dan tidak menebang pohon sembarangan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Wonokerto, H Tupin., mengatakan, bahwa Durian Wonokerto pernah menjadi juara III festival durian yang diadakan di Dinas Pertanian.                   

Prestasi tersebut, nenjadi modal untuk lebih dikenal di kalangan masyarakat dalam msupun luar daerah Kab. Lumajang. Hal ini berdampak positif terhadap tingkat perekonomian petani Duren di kawasan tersebut.

Ia mengungkapkan, bahwa sentra penjualan Duren yang ada di Sumbersedaeng dibangun melalui Dana Desa.           

"Alhamdullilah para petani Durian yang dulunya mengantar, sekarang bisa didatangi oleh  para pembeli," katanya. (Suatman)

Post a Comment

0 Comments