Kapolres Lumajang Kukuhkan Satgas Keamanan Desa Jatirejo


Lumajang, KaJe
Malam itu, Kapolres Lumajang melakukan pengukuhan dan pembinaan Satgas Keamanan Desa di kantor Desa Jatirejo Kecamatan  Kunir Kabupaten Lumajang.

Satgas Keamanan Desa di Desa Jatirejo Kecamatan  Kunir baru saja dikukuhkan oleh Kapolres Lumajang, namun perlengkapan mereka sudah sangat lengkap terutama HT. total HT yang disediakan oleh Desa Jatirejo sejumlah 76 HT. Selain untuk Satgas juga diberikan kepada para ketua RT, Ketua RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menerangkan bahwa "saya apresiasi semangat para warga dalam kepedulian terhadap lingkungannya. Satgas Kamdes Jatirejo juga dilatih beladiri secara khusus.

Ada 4 tugas utama Satgas keamanan desa, diantaranya bertugas menjaga dan memastikan keamanan di desanya, bertugas mendesain sistem keamanan di desanya sesuai karakteristiknya masing-masing, sebagai problem solver terkait masalah-masalah keamanan di desanya, sehingga diharapkan  persoalan-persoalan dimasyarakat yang bisa berdampak terganggunya keamanan, bisa diselesaikan sejak masih bentuk bibit-bibit kecil.

Berikutnya, membantu permasalahan dalam masyarakatnya seperti memobilitasi masyarakat untuk ikut membantu apabila ada bencana alam, selain itu membantu mengatasi permasalah-permasalahan masyarakat lainnya, ” ujar Arsal.

Kepala Desa Jatirejo Bapak Sukarmo,Spd (53) sangat menginginkan desanya selalu aman “ Saya sangat terbantu Program Bapak Kapolres untuk membentuk Satgas Keamanan Desa. Apa yang di harapkan pak Kapolres saya cukupi semuanya. HT untuk semua anggota satgas saya berikan, bahkan ketua RT, Ketua RW pun saya berikan. Bhabinkamtibmas dan Babinsapun kami siapkan HT, ada 76 HT telah saya bagikan, yang penting Desa saya bisa aman," ungkap Sukarmo.

ujarnya kembali “Di desa kami banyak masyarakat yang memelihara sapi, saya tidak mau ada lagi yang kehilangan sapi. Saya junga mau tidak ada lagi Begal motor di desa kami, pokoknya desa kami harus aman, apapun saya siap lakukan supaya aman” Ujar Sukarmo.

Muhammad,Spd (33 thn) Ketua Satgas Keamanan Desa Jatirejo merasa senang dan terhormat bisa menjadi anggota satgas “saya senang dan merasa terhormat bisa menjadi anggota Satgas Keamanan Desa Jatirejo. Saya dipilih jadi ketua adalah sebuah amanah yang tidak ringan tapi saya akan berusaha mengamankan Desa saya. semua anggota Satgas secara rutin juga kami latih beladiri” ucap Muhammad.

saat ini Satgas Keamanan Desa telah terbentuk di 193 desa dari 205 desa di Lumajang atau 94 % nya telah terbentuk Satgas Kamdes. Total anggota Satgas Keamanan Desa saat ini sejumlah 5.690 personil se-Kabupaten Lumajang.

Anggota Satgas keamanan desa ini dibawah kendali kepala desa secara langsung, dan mendapatkan bimbingan dari Bhabinkamtibmas maupun Babinsa secara periodik. Dengan kinerja dan tanggungjawabnya tersebut anggota Satgas Keamanan Desa secara tidak langsung mereka akan dianggap sebagai Tokoh Masyarakat di wilayah mereka.(Suatman)

Post a Comment

0 Comments