Sambut Pembalap Tour De Indonesia, Bupati Faida Gelar Gala Dinner


Jember, Kabarejember.com
----Sejumlah persiapan terus dilakukan untuk suksesnya gelaran Lomba Balap Sepeda Internasional Tour De Indonesia, yang bakal melewati Kabupaten Jember sebagai finish point etape ketiga. Sesuai jadwal, sekitar 100 pembalap dari 26 negara yang mengikuti event bergengsi ini, akan melintas di Jember pada 21 dan 22 Agustus 2019. Secara khusus, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR akan menyambut pembalap dengan gala dinner yang diselenggarakan di Pendopo Wahyawibhawagraha, Rabu (21/8/2019). Kesempatan ini sekaligus akan dimanfaatkan untuk mengenalkan lebih jauh potensi Jember.
Di sisi lain, khusus untuk pengamanan , Pemkab Jember melalui Satpol PP telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, dan secara internal, Satpol PP juga telah berkoordinasi hingga ke tingkat kecamatan.

Beberapa upaya yang dilakukan Satpol PP diantaranya pengamanan rute yang dilalui pembalap di Kabupaten Jember, terutama kecamatan-kecamatan yang daerahnya dilintasi. Tentunya pengamanan ini juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Polsek dan Koramil. Pihak Satpol PP juga telah memberikan himbauan kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk libur berjualan selama kegiatan di rute yang dilalui pembalap. Untuk tanggal 21 Agustus 2019, rute kecamatan yang dilalui adalah Tanggul, Bangsalsari, Rambipuji, Kaliwates dan Patrang. Sedangkan keesokan harinya, 22 Agustus 2019, kecamatan yang dilalui adalah Patrang, Sumbersari, Pakusari, Mayang dan Silo.

Nantinya, kata dia, Alun-alun Jember bakal menjadi finish point etape ketiga Kejuaraan Internasional Balap Sepeda Tour De Indonesia 2019. Kejuaraan bergengsi ini diikuti pembalap-pembalap nasional dan internasional ini menempuh jarak 825,2 km yang dibagi dalam 5 etape. Etape pertama start dari Candi Borobudur Magelang dan finish di Madiun.

Etape kedua berangkat dari Madiun dan finish di Batu Malang. Etape ketiga, start dari Batu dan finish di Alun-alun Jember, diteruskan etape keempat finish di kawasan Ijen Banyuwangi. Etape terakhir atau etape kelima akan diberangkatkan dari Gilimanuk dan finish di Bangli Bali.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyatakan, bahwa terpilihnya Kabupaten Jember adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena event ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata tersendiri, selain merupakan kesempatan bagi Kabupaten Jember untuk memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki.

Bahkan, dengan keikutsertaan Jember menjadi salah satu rute event bergengsi ini, mengukuhkan bahwa Kabupaten Jember telah diakui dan memenuhi standar kejuaraan balap sepeda bertaraf internasional, baik infrastruktur ataupun obyek-obyek wisata serta potensi pendukung lainnya. Bupati berpesan agar masyarakat bisa menikmati sajian ini, dan sekaligus turut bersinergi untuk mempromosikannya. (Mul/Mia/ulu/hms)

Post a Comment

0 Comments