Bupati Faida Harapkan Dukungan Semua Kalangan Untuk Suksenya Pembangunan Asrama Haji Jember


Jember, Kabarejember.com
-----Peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan asrama haji Kabupaten Jember dilakukan pada Senin, 7 Oktober 2019, di area Jember Sport Garden (JSG) Ajung. Dihadiri oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR beserta jajaran OPD di lingkup Pemkab Jember pukul 09.00 WIB.

Menariknya, setelah seremonial peletakan batu pertama, Bupati Faida bersama rombongan menggelar tasyakuran yang cukup unik, yakni makan gembulan (bersama) tukang garap asrama haji sebanyak 300 orang. Hal ini sekaligus menandai dimulainya pembangunan asrama haji Kabupaten Jember yang bakal memiliki multifungsi dan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat Jember maupun daerah atau kabupaten di sekitarnya.

Memiliki fasilitas setingkat hotel berbintang tiga, dengan 7 lantai dan luas kurang lebih 1,54 ha dengan jumlah kamar sebanyak 184 ruangan dan 440 tempat tidur. Asrama haji direncanakan bukan hanya untuk penginapan sementara bagi calon jamaah haji sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, melainkan dapat dimanfaatkan untuk wisma atlet, pendidikan, latihan manasik, pelatihan dan juga area training center. Selain itu, fasilitas yang dibangun akan menyerupai asrama haji yang mirip dengan yang ada di tanah suci, sehingga akan memudahkan bagi pelatihan manasik haji.

Dengan perencanaan pembangunan 3 tahap, yakni tahap pertama adalah konstruksi bangunan bawah (pondasi) hingga sebagian konstruksi bangunan atas yang usai pada 2019 ini.
Tahap kedua adalah tahap penyelesaian konstruksi bangunan atas dan arsitektural asrama haji yang bakal diselesaikan pada tahun 2020.
Untuk tahap tiga atau yang terakhir adalah pembangunan interior, gardening, dan finishing yang akan didukung dengan anggaran tahun 2020, yang diharapkan pada 2021 pembangunan secara keseluruhan bakal selesai dikerjakan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat.

Data dari Kementerian Agama Kabupaten Jember mencatat Jemaah haji pada tahun 2018 sebanyak 1.981 orang dan pada 2019 meningkat menjadi 2.004 orang. Dengan adanya asrama haji di Kabupaten Jember ini, calon jamaah haji tidak perlu lagi berangkat ke Surabaya lagi.
Selain sebagai sarana penunjang bandara Notohadinegoro sebagai bandara keberangkatan haji, realisasi asrama haji ini juga sebagai perwujudan dari 22 janji Bupati dan Wakil Bupati.

Dengan mengharap Ridho Allah SWT, Bupati Faida mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Jember meminta dukungan semua kalangan masyarakat untuk sukses dan lancarnya pembangunan asrama haji ini. (mul/mia/hms)

Post a Comment

0 Comments