Tim Penggerak PKK Pemkab Jember Gelar Lomnba Cipta Menu


Jember, Kabarejember.com
----Untuk memopulerkan menu yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Jember, Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember menggelar dalam Lomba Cipta Menu dan Lomba Cipta Menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, yang berkesempatan hadir dalam lomba ini menyatakan dukungannya. Karena menjadi bagian upaya menuntaskan pekerjaan rumah berupa masalah stunting.

Lomba ini juga untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat untuk mengonsumsi menu yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman sesuai dengan keanekagaragam di Jember.

“Lomba cipta menu ini harus didukung bersama, karena lomba ini mengenalkan diversifikasi makanan,” kata wabup.

 Apalagi Jember sangat kaya dengan menu-menu yang luar biasa, yang perlu diangkat dan dikenalkan kepada banyak pihak, khususnya kepada generasi muda.

“Jangan sampai generasi muda tidak kenal dengan menu daerah kita masing-masing,” pesannya. Dengan mengenalkan menu lokal yang beranekaragam ini, wabup menyatakan pengenalan ini sangat terkait dengan faktor kesehatan.

Wabup kembali mengingatkan masalah stunting dan gizi kurang masih menjadi pekerjaan rumah bersama. “Maka, dengan mengenalkan menu yang bergizi, seimbang, dan aman sangat perlu diangkat ke permukaan,” tegasnya.

Menu makanan memegang peran yang sangat penting untuk mengentas masalah stunting dan kekurangan gizi.

Masyarakat sebenarnya kaya dengan menu pangan. Tetapi, lanjut wabup, kekayaan itu masih belum dikenal oleh masyarakat. Ini mungkin adanya pemikiran di masyarakat yang memandang makanan yang enak dan mahal lebih bergizi.

“Padahal itu belum tentu bergizi,” tandas wabup.

Kegiatan ini sangat tepat sekali untuk mengangkat menu lokal, sehingga dikenal oleh banyak orang. Sebab, menu yang dilombakan tidak kalah kadar gizinya dibandingkan dengan menu yang sehat.

Semua yang ikut ambil bagian dalam lomba cipta menu ini, wabup berharap, untuk tidak pernah lelah berkreasi. “Tidak pernah lelah untuk mengangkat menu lokal ini agar lebih dikenal lebih luas di masyarakat kita,” katanya.

Lomba yang digelar di Balai Sebaguna Kaliwates Jember, Selasa, 26 November 2019, ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional tahun 2019.

Kegiatan ini melibatkan kader posyandu agar lebih kreatif dalam menciptakan menu PMT untuk balita, sehingga bisa mendapatkan makanan yang lebih beragam.

Peserta untuk lomba cipta PMT dari 31 tim penggerak PKK kecamatan dan lomba PMT penyuluhan dari Kader Posyandu di 31 kecamatan. (mul/mia/hms)

Post a Comment

0 Comments