Bendungan Jebol, Bupati Kerja Bakti Bersama Warga


Lumajang, Kabarejember.com
----Jebolnya tanggul sungai Genitri yang disebabkan oleh arus sungai yang deras kembali mengakibatkan puluhan rumah di Dusun Genitri Kidul, Desa Rowokangkung terendam air dengan tinggi antara 10-40 Cm.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol.Inf. Ahmad Fauzi yang datang ke lokasi banjir bersama beberapa relawan dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul dengan tumpukan sak berisi tanah.

Bupati mengungkapkan banjir tersebut disebabkan oleh derasnya arus sungai akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga mengakibatkan gronjong (tanggul pembatas) Sungai Genitri jebol. Bupati menjelaskan pihaknya akan berupaya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang bersangkutan dengan Sungai Genitri.

"Pemerintah akan terus berikhtiar untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin agar kedepannya tidak lagi terjadi banjir," ungkap Bupati, Minggu (23/2/2020)

Bupati mengatakan, tahun lalu gronjong pembatas sungai telah dipasang. Namun masih belum bisa menahan arus sungai, sehingga kembali jebol. Dirinya berharap, ke depan akan dilakukan pembangunan tangkis sungai yang bisa menahan derasnya air akibat hujan lebat.

Sementara dari laporan BPBD Kabupaten Lumajang, hasil dari kerja bakti pemasangan tanggul untuk menahan derasnya air sungai sudah selesai 100 %. dengan panjang 15 meter,  lebar : 2 meter dan tinggi : 5 meter menggunakan kurang lebih 1000 sak berisi tanah.
Reporter : Suatman

Post a Comment

0 Comments