Antisipasi Lonjakan Kasus Covid 19, Polsek Pasirian Dampingi Tim Medis Lakukan Tracing


 LUMAJANG, MERDEKANEWS.NET-Polsek Pasirian melakukan pendampingan Puskesmas melaksanakan kegiatan tracing Covid-19 kepada keluarga pasien covid-19.

Giat tracing oleh pihak Puskesmas Pasirian kerumah keluarga Pasien Covid-19 di Dusun Ledok, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Lumajang, Senin (7/6/2021).

Dirumah pasien covid-19, petugas melakukan pemeriksaan terhadap dua kelurga pasien hasilnya non reaktif dan reaktif.

"Hasil pemeriksaan istri dan anak pasien covid-19 sama sama tidak ada keluhan namun istri non reaktif dan anak reaktif. " Ujar Kapolsek Pasirian Iptu Agus Sugiharto melalui Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta.

Sementara untuk tetangga pasien yang ikut antar pasien kerumah sakit belum bisa dilakukan rapid karena sedang bekerja sebagai sopir.

"Besok pagi akan dilakukan rapid test oleh pihak Puskesmas Pasirian. Sedangkan satu keluarga pasien covid-19 besok akan dilakukan tes PCR karena rapid dinyatakan reaktif untuk menentukan terinfeksi covid atau tidak," tutur Shinta.

Terhadap keluarga dan warga yang disinyalir kontak langsung dengan pasien yang terpapar virus corona, dihimbau untuk tetap melaksanakan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, dan anjuran budaya pola hidup sehat.

"Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta gugus covid-19 Pasirian akan melakukan pemantuan kepada pasien dan keluarga pasien kontak erat agar tidak keluar rumah dan sementara waktu isolasi mandiri dirumahnya," ujarnya.

Shinta menjelaskan, Pemeriksaan terhadap keluarga yang kontak langsung dengan pasien yang terpapar virus corona ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian serta mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah.

"Upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, dan khusus bagi keluarga dan kontak erat dengan pasien supaya melakukan isolasi mandiri dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan meminum suplemen vitamin serta selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan Covid-19.″ pungkasnya.

Saat ini pasien covid-19 menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Lumajang. (Humas Polres Lumajang)

Post a Comment

0 Comments