PAPDESI Kabupaten Mojokerto Selenggarakan Raker

 



MOJOKERTO merdeka news.net Pengurus DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Mojokerto menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pertama di Gedung Grand Whiz Trawas, Mojokerto, Kamis (10/06/2021).


Rakercab DPC PAPDESI Kabupaten Mojokerto Tahun 2021 yang mengusung tema ”Melalui Rapat Kerja Kita Wujudkan PAPDESI Bangkit Mendorong Desa Berprestasi“ dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah yaitu Prof. Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim M.A., serta Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Al Barra (Gus Barra) dan Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Hj .Ayni Zuroh.M.Si.


Sementara itu dalam sambutannya, Gus Barra mengajak PAPDESI dapat bersinergi dengan semua pihak, khususnya Pemkab Mojokerto dalam menumbuhkan perekonomian di masing-masing desa agar desa bisa Sejahtera, produktif dan mandiri.


“Sebab dengan menciptakan desa sejahtera dan mandiri, maka masing-masing desa mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, lembaga sosial yang aktif, tingkat partisipasi tinggi dan memperluas peluang tenaga kerja,” terangnya.


Lebih lanjut dikatakannya, saya menilai seluruh jajaran pengurus dan anggota PAPDESI Kabupaten Mojokerto mempunyai tujuan mulia dan sangat berfastabiqul khairat untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto.


“Sudah menjadi kewajiban semua manusia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. PAPDESI juga harus senantiasa menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.


Masih kata Gus Barra, perlu saya tegaskan, bahwa PAPDESI maupun AKD dan elemen lainnya mempunyai peran penting untuk membantu pemerintah daerah, dalam mewujudkan Mojokerto yang maju, adil, dan makmur. Perbedaan berorganisasi bukan menjadi masalah, asalkan untuk berfastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan bagi masyarakat luas.


“Saya melihat hadirnya PAPDESI ini, hanya berfastabiqul yang akan menciptakan desa produktif maupun desa sejahtera mandiri. Rasulullah SAW pun mendorong umatnya untuk selalu berlomba dalam kebaikan seperti yang dituliskan HR. Muslim,” ujar Gus Barra.


Sementara itu Ketua PAPDESI Kabupaten Mojokerto Juriyanto Bambang Siswantoro mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan semua pihak untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur.


“Walaupun keberadaan PAPDESI masih sedikit, tapi akan menunjukan eksistensi yang nyata bukan sekedar kata. PAPDESI akan memberikan manfaat bagi masyarakat di desa utamanya dalam membangun Desa untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat menuju Adil dan Makmur di Desa masing masing,” pungkasnya.


Lebih lanjut dikatakannya, mengenai arahan Gus Barra agar pemdes di Kabupaten Mojokerto ini harus mampu menciptakan program desa produktif, ia menyatakan dirinya akan siap mengimplementasikannya.


“Sesuai Visi Misi PAPDESI Kabupaten Mojokerto yakni membangun Mojokerto bangkit seperti zaman Majapahit dengan persatuan dan kesatuan. Saatnya Mojokerto bangkit, artinya melalui desa, diawali dari desa pemerintahan yang paling bawah, pemerintahan desa, maka Negara pasti baik. Kami hanya berfastabiqul khairat untuk daerah ini,” tegas Jurianto Bambang.


Disisi lain, Prof.Dr.KH. Asep Saefuddin Chalim MA memberikan apresiasi terhadap kegiatan Rakercab PAPDESI Kabupaten Mojokerto ini agar apa yang disampaikan oleh para narasumber bisa diterapkan di desa masing masing untuk menciptakan kehidupan di Desa menuju Masyarakat Desa yang Sejahtera Adil dan Makmur. (SRI.H)

Post a Comment

0 Comments