Berinovasi WUJUDKAN “MBESUK”TANPA BERSENTUHAN

Kalapas IIA Banyuwangi Wahyu Indarto


Banyuwangi,  Merdeka News :Sejak masa pandemi Covid19 mewabah, berbagai kegiatan yang sifat nya me mobilisasi masyarakat atau mengundang kerumunan, di larang oleh Pemerintah. Dan aturan itu masuk dalam kategori poin “Prokes”, aturan tersebut tak lain untuk mencegah penyebaran Covid19 di tengah tengah masyarakat. Langkah Pemerintah itu tidak hanya berlaku bagi masyarakat, akan tetapi wajib juga di patuhi lembaga lain nya.

 

 Seperti hal nya lembaga di bawah naungan Kemenkum HAM, salah satu nya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), pasal nya Lapas di sebut sebut, lembaga yang paling banyak melayani banyak orang, warga binaan berikut keluarga nya . Akibat covid19,  saat ini sejumlah Lapas meniadakan jadwal kunjungan bagi keluarga warga binaan, akibat nya Lapas pun di tuntut ber inovasi agar keluarga binaan tetap bisa mengetahui keadaan keluarga nya di Lapas . sebut saja salah satu inovasi yang  bakal di wujudkan , yakni LAPAS II A Banyuwangi, dalam waktu dekat akan membangun  ruangan baru ,nanti nya di sekat lalu di lengkapi alat komunikasi semacam telpon umum guna nya untuk komunikasi antara warga binaan dengan keluarga nya saat di besuk, tanpa bersentuhan. “kami upayakan dalam waktu dekat untuk mewujudkan hal itu , hanya saja tergantung anggaran nya “ungkap Kalapas II A Banyuwangi,  Wahyu Indarto,SH.MM kepada Merdeka.net , Kamis siang (1/7/2021) di ruang kerja nya . 

Tidak hanya rencana itu ,  saat ini LAPAS memberikan keleluasaan pemakaian Video Call secara gratis kepada warga binaan.  “ada 4 unit HP Android,  yang di gunakan untuk VC terhadap keluarga warga binaan Lapas, pemakaian nya gratis” beber Wahyu.  Hanya saja pemakaian VC tersebut di waktu jam kerja.
Berdasar dari catatan yang di peroleh merdeka.net , bahwa saat ini Lapas II A Banyuwangi berpenghuni 926 Warga Binaan dengan 44 kamar , padahal Kapasitas Lapas kisaran 260 orang . 

Kalapas IIA Banyuwangi berharap dengan jumlah yang sangat overload tersebut, warga binaan di minta mematuhi “Prokes” terutama kebersihan kamar ,pasal nya dengan cara disiplin itu sama halnya mencegah penyebaran covid19 dalam Lapas . “Alkhamdulillah,  Lapas kami aman “ ucap pria asli Solo itu kepada merdeka. terutama sekali kata dia,  keluarga warga binaan nya yang saat ini jadwal besuk nya di tiadakan,  di minta bersabar karena untuk keamanan kesehatan semua pihak menghadapi pandemi covid19, baik warga binaan, petugas Lapas dan keluarga warga binaan pungkas Wahyu. (anw)

Post a Comment

0 Comments