Kades Gedangan Menargetkan Agar Krupuk Udang Olahan Warga Desanya Bisa Kuasai Market



Witono, Kades Gedangan


merdekanews.net Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, dikenal sebagai desa penghasil krupuk udang. Meskipun skalanya masih home industry, namun rasa krupuk yang diproduksi di Desa yang dipimpin Witono ini bisa bersaing dengan produksi pabrik besar.


Kepala Desa Gedangan, Witono menjelaskan, masyoritas warga Desa Gedangan pedagang krupuk udang. Krupuk itu diproduksi oleh warga dengan memperhatikan keamanan pangan dan higinis. Tak lupa juga kualitas rasa juga diperhatikan.


Krupuk itu dijual dalam bentuk mentah dan sudah digoreng, kemudian dikemas.


Mengenai wilayah pasarnya, krupuk udang asal Desa Gedangan dipasarkan ke beberapa wilayah di Jawa, bahkan dikirim ke luar Pulau.


Memang ada kendala dalam pengembangan usaha krupuk udang tersebut, diantaranya permodalan dan juga mesin guna menopang produksi krupuk. Terkait legalitas, hampir semua sudah mengantongi izin produksi.


Walau demikan, Witono akan mengoptimalkan peran BUMDes dalam menyerap produksi krupuk warga, kemudian memasarkannya.


"Pengabdian saya sebagai Kepala Desa ialah mensejahterakan warga, ekonomi maju didukung infrastruktur yang memadai. Dan juga pelayanan pemerintahan desa bisa semakin baik dan responsif. Kami juga menyiapkan tempat bagi warga untuk buka usaha warung," kata Witono(sri.h)

Post a Comment

0 Comments