SINERGI NYATA MAHASISWA KKL UNAIR DENGAN KEPALA DESA PANGLUNGAN KECAMATAN WONOSALAM FOKUS DI SEKTOR WISATA


Jombang, Merdekanews.id

Senin (13/09/2021) merupakan hari pertama pembukaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Universitas Airlangga di Dusun Mendiro Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang pada pukul 8:30 WIB sampai dengan 10:00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 75 orang mahasiswa peserta KKL dari beberapa program studi, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 


Kegiatan KKL ini dengan skema khusus disektor wisata dengan tema "GERBANG DESA JILID VI -- Sinergi Membangun Negeri -- Dusun Mendiro Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam"



Latar belakang dari kegiatan KKL ini oleh mahasiswa Universitas Airlangga berawal dari sebuah riset realitas bahwa sektor pariwisata di Dusun Mendiro pada khususnya memiliki kemampuan untuk dikembangkan menjadi daerah wisata yang lebih kompetitif yang dapat meningkatkan pendapatan daerah. Selama masa pandemi covid-19 ini sektor pariwisata sempat mengalami vakum dan tentunya beberapa area tempat wisata tidak terawat dengan maksimal.


Dalam kegiatan KKL ini selaku penanggung jawab kegiatan yaitu M.Irsyad Setiyawan menegaskan bahwa fokus program KKL ini disektor wisata refitalisasi, renovasi beberapa tempat wisata yang mana pada masa pandemi covid 19 ini sempat vakum, maka dari BEM Unair berusaha menghidupkan lagi dengan memberikan suport refitalisasi nama, tempat-tempat rest, kolam, bukit dan lain sebagainya dan brandingnya nanti kedepan yang awalnya jarang dikenal bisa dikenal dengan kemasan yang lebih menarik, maka dari itu panitia / BEM Unair menghidupkan kembali dengan dasar riset yang telah lama dilakukan.


Bpk. Sugiat selaku Kepala Desa Panglungan menyambut hangat keberadaan mahasiswa KKL Universitas Airlangga. "Kami atas nama Pemerintah Desa Panglungan menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama mahasiswa universitas airlangga untuk melaksanakan KKL di desa kami, yang mana kami sudah kurang lebih 5 tahun ini selalu membuka pintu lebar untuk kerjasama mahasiswa program KKL Unair demi pengembangan dan kemajuan desa, dan selalu berharap agar kerjasama ini akan terus berkelanjutan" tegas Bpk Sugiat. (Rina TW)

Post a Comment

0 Comments