ABDIMAS MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA AJARKAN WARGA DESA BAKALANRAYUNG MEMANFAATKAN BOTOL BEKAS MENJADI MEDIA TANAMAN HIDROPONIK

 


Jombang_Merdekanews.id

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat di Desa Bakalanrayung, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, yang di bawah bimbingan Bapak Abdul Rosid, S. Pd., M. Pd , sosialisasikan pembuatan tanaman hidroponik dengan memanfaatkan barang bekas kepada warga desa Bakalanrayung.(05/12/2021)



Sosialisasi pembuatan tanaman hidropinik diselenggarakan selama 2 hari yakni pada 28 November dan 5 Desember 2021

Kegiatan ini di ikuti oleh ibu-ibu PKK dan beberapa masyarakat. Pada hari pertama, sosialisasi dilaksanakan di Dusun Roworejo, Dusun Maderejo dan Dusun Panemon. Hari kedua sosialisasi dilaksanakan di balaidesa Bakalanrayung dengan ibu-ibu PKK. 



Kegiatan pembuatan tanaman hidroponik, dilakukan agar ibu-ibu PKK dan masyarakat bisa memanfaatkan botol bekas sebagai media hidroponik tersebut, sehingga mengurangi sampah plastik.

Dalam sosialisasi ini, tidak hanya memberikan teori tetapi juga mempraktikkan kepada masyarakat cara pengubah botol bekas menjadi media tanaman hidroponik. Selain mempraktikkan juga pemberian beberapa bahan seperti botol bekas, biji kangkung, dan obat hidroponik kepada masyarakat agar bisa mempraktikkan di rumahnya.


Menurut Widia Agustina selaku penanggung jawab program kerja pemanfaatan barang bekas untuk media hidroponik berharap bisa menambah kreatifitas masyarakat dalam mendaur ulang barang bekas dan memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk berkebun.

“Semoga warga desa Bakalanrayung lebih kreatif dalam mengolah barang yang tidak terpakai lagi dan bisa memanfaatkan lahan disekitar rumahnya untuk menanam tanaman hidroponik “ ujarnya.



Selain itu, Mahasiswa KKN 06 UTM juga membuat 12 tempat sampah dari ember bekas cat yang terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik, tempat sampah tersebut dibuat diletakkan di mushola yang terdapat di setiap dusun di desa Bakalanrayung. Pembuatan tempat sampah bertujuan agar masyarakat lebih semangat dalam membuang sampah pada tempatnya. (rina)

Post a Comment

0 Comments