KSU PEMOGAN MASIH TETAP EKSIS DI TENGAH PANDEMI COVID19

 

I Gede Bagus Putu Budha, SE.MM





Denpasar, merdekanews.id

Sejak pandemi covid19 mewabah , pertumbuhan ekonomi boleh di bilang porak poranda dalam kurun 2 tahun terakhir ini. Beberapa pengusaha pun mengalami pailit atau gulung tikar yang kemudian ber imbas pada tinggi nya PHK serta pengangguran.

Bagi daerah yang mengandalkan income nya dari 1 sektor saja seperti Bali. Pulau dengan seribu Pura ini di sebut sebut 85 % nya bertumpu pada sektor pariwisata seperti misal Kabupaten Badung , padahal sejak covid19 itu mewabah, intensitas pariwisata terganggu akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan beragam aturan , lalu berimbas pada menurun nya kunjungan “wisman dan wisdom” ke Bali dalam 2 tahun ini . Akibat nya di beberapa tempat usaha pun di kawasan pariwisata, seperti Kuta dan Nusa Dua serta kawasan pariwisata lain nya, sebagian karyawan nya di rumah kan (PHK) bahkan di berhentikan karena usaha nya gulung tikar. Itulah beberapa realitas yang kini mendera Bali pasca covid19 mewabah .

Namun, meski perekonomian Bali masih lesu, salah satu lembaga keuangan mikro di Denpasar ,sebut saja KSU Pemogan masih tergolong eksis di tengah pandemi . Berdasar catatan, walau target yang di pasang belum mampu di penuhi kisaran 30 % namun Koperasi penuh prestasi tingkat nasional itu, perputaran keuangan nya berjalan lacar tanpa kendala. Itu berdasar dari aset koperasi yang tetap naik di tiap tahun nya meski tak sesuai targetnya. Aset koperasi hingga kini mencapai 108 Milyar dengan jumlah anggota 2439.

“Astungkara, kami tetap bertahan di tengah pandemi, karena koperasi ini mengedepankan aspek kekeluargaan sehingga anggota nya menaruh kepercayaan yang tinggi” ungkap ketua KSU Desa Pemogan, I Dewa Bagus Putu Budha, SE. MM kepada Merdeka Bali, Kamis (16/12/2021) di ruang kerja nya .

Aspek kekeluargaan menurut Dewa , ketika anggota mendapati masalah seperti saat ini, pihak koperasi selalu memberi solusi yang tepat dan tidak memberatkan anggota. “tentu dengan kondisi seperti ini akan berdampak pada lancar nya kredit anggota, dan kami menyadari penuh “lanjut Dewa. dan Langkah itu di tempuh, agar anggota KSU Desa Pemogan tidak terlalu terbebani penuh akibat pandemi . ( Anw)

Post a Comment

0 Comments