PELANTIKAN PERANGKAT DESA PEMERINTAH DESA SUKOPINGGIR KECAMATAN NGODO


 Jombang_Merdekanews.id

Pemerintah Desa Sukopinggir Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Jawa Timur menggelar acara pelantikan perangkat desa pada hari Rabu, (01/12/2021). Acara dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan acara selesai, bertempat di Aula Pendopo Desa Sukopinggir Kecamatan Gudo.


Prosesi Pelantikan perangkat desa dipimpin langsung oleh Kades Sukopinggir Sukidi, melantik dan membacakan sumpah jabatan serta menandatangani tugas jabatan satu persatu posisi perangkat yang kosong dalam Pemerintahan Desa Sukopinggir. Adapun jabatan di roda Pemerintahan Desa Sukopinggir yang di isi yaitu Kepala Dusun (Kasun) Sekaru, Kaur Tata Usaha dan Umum, Kasi Kesra dan Kasi Pelayanan.


Dari sebelumnya, ke delapan bakal calon perangkat yang mendaftar, mengikuti ujian penilaian di Universitas 17 Agustus Surabaya (UNTAG) pada tanggal (24/11/2021) dan mendapat penilaian wawancara dari Kades Sukopinggir pada tahap selanjutnya.


Dari keempat perangkat yang terpilih dan dilantik, Agung Darika lulusan S.1 menjabat dan menduduki kursi sebagai Kepala Dusun (Kasun) Sekaru, Arif Budianto lulusan SMA menjabat dan menduduki kursi sebagai Kaur Tata Usaha dan Umum, Kartika Indri Sulistiorini lulusan S.1 menjabat dan menduduki kursi sebagai Kasi Kesra dan Aringga Wisanda Ashari lulusan S.1 menjabat dan menduduki kursi sebagai Kasi Pelayanan Desa Sukopinggir Kecamatan Gudo.


Selain pelaksanaan acara pelantikan perangkat desa, Pemdes Sukopinggir sengaja memberikan santunan kepada 90 Anak Yatim dan Kaum Duaffa yang ada di Desa tersebut secara simbolis diberikan kepada Kades Sukidi, dengan memberikan sedikit rejeki, beras dan juga makan siang buat ke 90 Anak Yatim dan Kaum Duaffa itu.


Turut hadir dalam pelaksanaan prosesi acara pelantikan tersebut, Muspika, Camat Gudo Arief Hidayat,SH.Msi, Kades Sukopinggir Sukidi, Kapolsek Gudo beserta jajarannya, Koramil beserta jajarannya, Ketua BPD, 4 perangkat terpilih, Perangkat Desa Sukopinggir, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas, Satpol PP, Tokoh masyarakat, Anak Yatim dan Kaum Duaffa, kerabat terpilih, warga sekitar dan tamu undangan.


Kades Sukopinggir Sukidi, saat menyampaikan isi sambutannya memberikan sedikit pesan untuk keempat perangkat desa yang sudah dilantik dan saat ini sudah menjabat perangkat desa pada masing – masing bidangnya serta tupoksinya.



“Sebelumnya, saya mengucapkan selamat kepada para perangkat yang sudah terpilih dan sudah dilantik secara resmi, untuk selanjutnya semoga bisa mengemban tugas yang sudah menjadi tugas masing – masing sesuai jabatannya, setelah dilantik saudara punya tanggung jawab yang besar.” kata Kades.


Masih dari penyampaian Kades, “sesuai sumpah yang saudara sampaikan tadi, harus siap mensejahterakan masyarakat dan jadi pamong harus adil, terkait pendataan warga yang kurang mampu harus tepat sasaran dan tidak mementingkan golongan apalagi keluarga” ucapnya


“Pesan dari saya, saudara harus secepatnya menyesuaikan diri jadi perangkat, sesuai tupoksi tugasnya masing – masing dan apabila ada yang kurang paham bisa konsultasi dengan perangkat senior. Karena saudara masih muda dan baru menjabat dan masa jabatan saudara sampai usia 60 tahun, dan sanggup melayani masyarakat tidak hanya di jam kerja saja, melainkan sampai 24 jam” pungkasnya.


Camat Gudo Arief Hidayat, SH.Msi sedikit menambahkan “semua sudah dijelaskan oleh Kades untuk tupoksi dan tugasnya pada masing – masing jabatan, dan tidak mudah menjadi perangkat desa, banyak tahapan yang harus dilalui untuk menjadi perangkat desa. Dan Alhamdulillah kekosongan perangkat Desa Sukopinggir sudah terisi semuanya, dan pihak Kecamatan siap membantu apabila ada kesulitan dalam hal tugas yang baru dan amanah masyarakat yang adik – adik pegang” ungkap Camat.



Acara ditutup dengan ramah tamah, sesi foto keempat perangkat dengan Pemdes Sukopinggir dan Camat Gudo secara simbolis, dan saling berjabat tangan mengasih ucapan selamat kepada keempat perangkat yang baru menjabat.


Dalam pelaksanaan acara pelantikan perangkat desa tersebut, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun sehingga acara pelantikan berjalan aman dan kondusif. (rina)

Post a Comment

0 Comments