Bupati Mojokerto Wabup dan Sekdakab Hadiri Pembukaan RAKER FALOM Tahun 2022

Laporan Khusus Dari Arena Raker FALOM Tahun 2022 Hotel Vanda 11-13 Maret 2022 (1).

Mojokerto - Merdekanews.id Lagu Kebangsaan Indonesia Raya menggema di ruang meeting utama Hotel Vanda Gardenia lantai 2 Trawas  Mojokerto pada 11 Maret 2022 sore, pertanda dimulainya gelaran Openng Ceremony Raker FALOM Tahun 2022.
Hadir dalam acara pembukaan itu trio Bupati Mojokerto dr.Hj.Ikfina Fahmawati, M.Si., Wabup H.Muhammad AlBarraa, Lc.,M.Hum ( gus Barraa ) dan Sekdakab Drs.Teguh Gunarko, M.Si. Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ketua PP yang juga ketua Partai Demokrat H.Ayub Busono, juga Asisten 1 Setdakab Dr.Didik Chusnul Yakin, para Kepala OPD, Camat, Kepala UPT dll.

Dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Drs. Abdul Aziz, M.Si. dari LSM LIMKK kemudiann disambung dengan Prakata Panitia, Sambutan Ketua Falom dan Arahan Bupati sekaligus membuka secara resmi Raker Falom 2022.

“ Maka dengan rahmat, berkah dan ridha dari Allah SWT dengan mengharapkan rahmat, taufiq dan hidayah dari Allah SWT. Maka dengan ini Rapat Kerja Aliansi LSM Ormas Mojokerto ( Falom) Tahun 2022 kita nyatakan dibuka secara resmi dimulai dengan bacaan Bismillahirrahmanirrahi “, kata Bupati ketika membuka Raker Falom yang lansung disambut dengan tepuk tangan yang gegap gempita.

Sebelumnya Ketu Panitia Raker Falom Tahun 2022 Waras Sari Mulyo dalam sambutan Prakata Panitia menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Ibu Bupati Ikfina yang telah membantu memberikan fasilitas hotel yang mewah di Kawasan hawa dingin Trwas Mojoketo Hotel Vanda Gardenia.
Dalam sambutan yang cukup singkat Waras juga menyampaikan laporan keuangan yang diterimanya sebagai bentuk transparansi.

Berbeda dengan Prakata Panitia yang sangat singkat, H.Muhammad Al-Amin Ranuwiharja, S.Ip. ( Gus Amin ) dalam sambutanya sebagai Ketua FALOM tergolong relatife Panjang. Gus Amin mengatakan : “Falom yang berdiri sekitar tahun 2004 telah banyak membantu Pemkab.Mojokerto dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Mojokerto “.

Lebih jauh gus Amin menjelaskan bahwa yang selama ini Falom seakan mati karena sesuatu dan lain hal sekarang bangkit lagi dengan mengadakan Raker. Hubungan FALOM dengan Kapolres, Dandim, dan Pemkab. Mojokerto selama ini sangat baik. Terbukti hadirnya para Forkopimda dalam setiap Raker Falom yang sudah diselenggarakan sebanyak 4 kali ini. Pertama di Hotel Blessing Hill Trawas dibiayai Pemkab., Hotel Surya Pacet dibiayai Pemkab., Sun Palace Hotel Trowulan biaya sendiri dan yang keempat kali ini di Vanda Gardenia Hotel Trawas dibiayai bantuan dari Bupati Mojokerto.

Sejak dulu sudah ada Kerja sama pendampinan LSM oleh Pemkab,Mojokerto. Guntur pendampingan, Kosim pendampingan, saya sendiri pendampingan, Kartiwi pendampinan dll. Sehingga dulu tidak ada istilah codot 1, codot 2 dll karena mereka dapat rizqi dari pendampinan tersebut. Tetapi sekarng tidak ada pendampingan padahal mereka LSM butuh makan dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto kurang peduli, sambung gus Amin.
Berdasar berbagai masukan dan usulan dari berbagai LSM anggota Falom saya simpulkan ada lima item saja bentuk penampingan yang diajukan kepada Pemkab.Mojokerto. Pertama Perlindungan terhadap Sumber Daya Air. Air di kabupaten Mojokerto mulai hilir sampai hulu harus terjaga dan terlindungi dari pencemaran karena peptisida, kotoran sampah dll. Semua Air yang dibawa dari bumi kandung Mojokerto harus legal format, punya ijin terutama yang dibisniskan dibawa keluar Mojoketo yag setiap harinya mencapai ratusan mobil tangka.
Kedua Pariwisata, harus ada paling tida dibangun dua destinasi wisata yang monumental yaitu di Jolotundo dan Putri Cempo.

Ketiga Pembanguan Sumber Daya Manusia, pendampingan dibidang Pendidikan Sekolah, TPQ, Pondok Pesantren dll.

Keempat Usaha Tambang Bahan Galian C illegal, bagaimana dilakukan penertiban dan Pembinaan. Kerja sama penindakan antara Bupati denga Kapolres harus sinergis untuk menyelesaikan tambang liar yang menjamur di Mojokerto. Bupati bisa menarik pajak atau retribusi jalan karena bagaimanapun para penembang liar dimaksud menggunakan fasilitas jalan umum.
Kelima Program BLK empat kecamatan.

Buapati Ikfina dalam sambutannya mengatakan : “ Terima kasih kepada para LSM dan Ormas yang selama ini atas nama perwakilan masyarakat telah banyak memberikan masukan termasuk kritikan membangun bagi pemeritah sehingga jalannya roda pembangunan di Kabupatem Mojokerto tetap berjalan baik “.
Selanjutnya Bupati Ikfina menyampaikan bahwa guna terciptanya kesinambungan informasi atau untuk menghindari tersumbatnya arus informasi dan komunikasi antara pemerintah kabupaten Mojokerto dengan Ormas atau LSM perlu adanya sinergitas dan  komunikasi yang berkwalitas guna mewujudkan masyarakat kabupaten Mojokerto yang lebih maju adil dan makmur.

Masih kata Bupati, Organisasi kemasyarakan adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan kegiatan  untuk berpartispasi dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila khususnya di Kabupaten Mojokerto. Segala cita-cita pembangunan tidak akan tercapai tanpa adanya semangat sinergitas semua komponen baik pemeritah kabupaten Mojokerto, maupun dari unsur masyarakat. Semangat kebersamaan, gotong royong, kontrol sosial, kebersatuan memberikan solusi serta inovasi yang dimiliki ormas dan LSM sangat membantu tercapinya cita-cita membangun.

Pemerintah Kabupaten akan terus berupaya agar dapat memberikan pelayanan dan peningkatan mutu ormas dan LSM di Kabupaten Mojokerto dengan bukti dan peran ormas dan LSM sebagai mitra pemerintah kabupaten Mojokerto. Kepada Kepala Bakesbangpol saya minta apa yang telah disulkan atau disampaikan oleh Gus Amin tadi supaya ditindak lanjuti dengan program-program yang nyata.

Acara berakhir setelah dilakukan sesi foto bersama dengan para peserta Raker Falom Tahun 2022 sebanyak sekitar 70 orang.

Post a Comment

0 Comments