Kunjungan DPRD Kota Malang


Kota Mojokerto - MERDEKANEWS.id Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada kembali menjadi jujugan pemerintah daerah lain terkait integrasi pelayanan publik. Kali ini giliran rombongan Komisi A DPRD Kota Malang melakukan kunjungan studi tiru di MPP Kota Mojokerto, Senin (6/6/2022).

Kunjungan studi tiru kali ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kualitas dan sistem di MPP milik Kota Malang. Pihak DPRD Kota Malang sendiri tidak menyangkal jika sejumlah hal masih perlu ditingkatkan, terutama perihal integrasi dan pemusatan layanan.

Sebelumnya, rombongan DPRD Kota Malang juga telah mengunjungi sejumlah MPP di kota lain. Namun, pihaknya mengakui jika MPP Gajah Mada Kota Mojokerto yang paling unggul di antara sejumlah MPP yang telah dikunjungi.

"Kami bahkan sudah ke Jawa Tengah, tapi tidak sebagus ini. Kebanyakan memang sudah satu atap, tapi belum terintegrasi seperti di sini," ungkap Rahman Nurmala, Ketua Komisi A.

Penggunaan sistem teknologi informasi memang sangat diandalkan dalam pengoperasian MPP Gajah Mada, yang dalam hal ini merupakan peran dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Salah satunya, terkait nomer antrian untuk setiap pengunjung MPP. Sejumlah layanan memiliki sisten antrian masing-masing, yang apabila tidak diintegrasikan akan terkesan carut-marut dan justru membingungkan pengunjung.

"Urat nadi di MPP adalah nomor antrian. Memang terlihat sepele, tapi jika diperhitungkan lagi, berapa jumlah loket, berapa kemungkinam pengunjung, berapa gerai yang beroperasi, tempo pemanggilan, ini ada lah sistem yang cukup kompleks. Nah, kami sepakat bahwa antrian harus tunggal," ujar Hasta Priyangga, Sekretaris Diskominfo Kota Mojokerto.

Beragam instansi baik di bawah Pemkot, Pemprov atau kementerian yang membuka layanan di MPP Gajah Mada sepakat untuk tunduk dalam satu sistem yang berlaku di MPP Gajah Mada. Dengan demikiam, MPP Kota Mojokerto tidak hanya mengumpulkan beragam layanan di bawah satu atap, melainkan juga memastikan antara satu dan lainnya terintegrasi dan bersinergi dengan baik.

Pihak DPRD Kota Malang pun optimis jika kunjungan ini akan membuahkan hasil baik untuk pengembangan MPP Kota Malang kedepannya."Ini pengalaman yang sangat luar biasa. Kami akan jadwalkan untuk kesini lagi dengan mengajak dinas-dinas terkait," ujar Rahman Nurmala.

Selain Sekretaris Diskominfo, rombongan juga disambut oleh Kepala Dinas PMPTSP serta Kepala Dinas Dukcapil Kota Mojokerto. yn.

Post a Comment

0 Comments