PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Luncurkan Tagline “Merdeka Bertransaksi” Melalui BNI Agen46 untuk Semua Nasabahnya

 ...................Banyuwangi , merdekanews.id
Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, BNI sebagai salah satu bank plat merah terbesar di Indonesia mengusung tema Merdeka Bertransaksi untuk nasabahnya. Dengan didukung oleh lebih dari 156.000 agen di seluruh pelosok negeri, diharapkan dapat mencakup semua kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan seperti transfer baik sesama BNI maupun antarbank, setor dan tarik tunai, serta fitur-fitur pembayaran dan pembelian.
Sampai dengan akhir bulan Juli 2022, BNI KC Banyuwangi memiliki kurang lebih 1.700 BNI Agen46 yang tersebar di 25 kecamatan di seluruh Kabupaten Banyuwangi dengan volume transaksi lebih dari 180.000 transaksi.
Kehadiran BNI Agen46 di Kabupaten Banyuwangi berhasil menjangkau masyarakat yang non-bankable menjadi memiliki rekening dan aktif bertransaksi. Hal ini sangat membantu masyarakat yang memiliki usaha atau sekadar ingin mengirim uang untuk anaknya di luar kota. Dengan bertransaksi di BNI Agen46, nasabah tak perlu melakukan perjalanan jauh dan mengantri di Bank, berkat adanya layanan perbankan terpadu di dekat rumah mereka.
“Untuk bergabung menjadi BNI Agen46 sangatlah mudah. Calon agen harus memiliki bidang usaha yang sedang berjalan dan dibuktikan dengan surat ijin usaha (SKU/SIUP/NIB), e-KTP dan memiliki rekening di Bank BNI tentunya” jelas Bapak Sarwoko, Pemimpin Cabang BNI Banyuwangi. “Selain itu calon agen diharapkan memiliki jaringan yang cukup luas dan dikenal baik di area tempat tinggalnya sehingga BNI Agen46 bisa mencakup transaksi perbankan di lingkungannya. Sebagai kepanjangan tangan dari BNI, Agen46 juga harus memiliki reputasi yang baik di masyarakat” tambah Bapak Sarwoko.
Cakupan transaksi BNI Agen46 sangat luas dimana BNI Agen46 merupakan keagenan bank pertama yang memiliki sistem pembukan rekening berupa tabungan BNI Pandai dengan setoran awal cukup dengan  Rp 20.000 dan bebas biaya pengelolaan rekening bulanan. Hingga saat ini, BNI KC Banyuwangi telah mengelola lebih dari 5.000 rekening BNI Laku Pandai dari kontribusi BNI Agen46.
Bersama dengan layanan pembukaan rekening, BNI Agen46 juga dapat melayani setor dan tarik tunai, transfer sesama BNI dan antarbank, pembelian pulsa seluler dan token listrik, top up uang elektronik, pembayaran multifinance, pajak, dan banyak lagi. Untuk bertransaksi, BNI Agen46 dipersenjatai dengan webportal, aplikasi ponsel, dan mesin mini ATM.
Salah satu agen aktif di BNI KC Banyuwangi adalah agen Luluk. Agen yang berada di kecamatan Kalibaru ini awalnya adalah seorang Pekerja Migran Indonesia. Beliau kembali ke Indonesia dan membuka usaha toko kelontong. Wawasan keuangan yang Luluk dapatkan selama bekerja di Taiwan menggugah hati Luluk untuk memberikan edukasi perbankan pada masyarakat di sekitarnya. Dengan menjadi BNI Agen46, Luluk merasa telah mendapatkan amunisi untuk menjalankan edukasi secara sah. Pada tahun 2018, Luluk menjadi motivator bagi Pekerja Migran Indonesia di Singapura. Beliau sharing pengalaman bahwasannya seorang pekerja migran pun mampu menjadi BNI Agen46 yang sukses. Hingga saat ini, Luluk dapat membukukan lebih dari 500 transaksi tiap bulannya.
Berbeda lagi dengan agen Lukman. Agen yang sebelumnya merupakan pemilik toko obat pertanian di Kecamatan Licin ini semenjak bergabung menjadi Agen46 menjadi lebih dikenal di lingkungan sekitar. “ Transaksi yang paling sering dilakukan adalah tarik tunai ATM bank lain dan transfer” jelas pria 53 tahun ini. Banyak warga sekitar tempat tinggalnya adalah nasabah bank lain dan penerima Bansos. Mereka sangat terbantu dengan kehadiran Agen Lukman karena tidak perlu jauh-jauh ke ATM untuk penarikan uang. Apalagi semenjak ditunjuk sebagai Collection Agent oleh BNI, perputaran transaksi di rekening lelaki yang murah senyum ini jadi makin banyak.
Kerjasama keagenan tidak hanya menarik bagi agen perorangan namun juga agen non perorangan. Salah satu contoh adalah Bumdes Glagahagung Jaya. Agen yang berlokasi di Kecamatan Purwoharjo ini jadi samakin aktif transaksi setelah ditunjuk menjadi pemenang salah satu program reward yang diadakan oleh Kantor Pusat BNI. “Dengan hadiah yang kami peroleh saat ini, semakin memotivasi kami untuk mendapat hadiah mobil. Apalagi Bumdes ini didukung penuh oleh Ibu Lurah Glagahagung dengan mengarahkan pembayaran PBB melalui Bumdes” kata Purwadi yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Bumdes.
Bapak Sarwoko menambahkan selain melakukan transaksi perbankan, BNI Agen46 turut serta mendukung dan men-sukseskan program Pemerintah sebagai penyalur bantuan sosial.  Kehadiran BNI Agen46 di sekitar masyarakat penerima bantuan sosial menjadi tempat pilihan penerima bantuan sosial untuk melakukan penarikan dana bantuan dengan cara menggesek kartu di mesin mini ATM BNI Agen46.  Penyaluran bantuan dengan cara ini menambah literasi keuangan masyarakat dengan bantuan edukasinya melalui BNI Agen46. Hal ini sesuai dengan salah satu penerapan keuangan inklusif yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.
Dengan lebih dari 1.700 BNI Agen46 yang tersebar di seluruh kecamatan dan desa di kabupaten Banyuwangi, diharapkan masyarakat akan lebih teredukasi tentang literasi keuangan. Akses layanan keuangan yang mudah dan terjangkau akan memberikan kemerdekaan bertransaksi bagi setiap lapisan masyarakat.

Post a Comment

0 Comments