"Bertema Pahlawanku Teladanku" Walikota Blitar Jadi Inspektur Upacara di Hari Pahlawan


Blitar Kota, merdekanews.id– Walikota Blitar Santoso menjadi inspektur upacara dalam memperingati Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022, yang digelar di halaman Kantor Walikota Blitar, Kamis (10/11/2022) pagi.

Upacara dimulai pukul 08.15 WIB bertema “Pahlawanku Teladanku” berjalan khidmat dihadiri jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Blitar, asisten, staf ahli, kepala OPD Kota Blitar, juga TNI, Polri dan para pelajar, serta diikuti juga para keluarga dan ahli waris perintis kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam pidato sambutannya, Walikota membacakan sambutan Mensos (Menteri Sosial), pada peringatan Hari Pahlawan hari ini tanggal 10 November kita peringati hari Pahlawan seraya memanjatkan doa terbaik bagi seluruh pahlawan bangsa yang telah gugur di medan laga.

“Perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur di medan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya, dengan hanya berbekal bambu runcing pun para pahlawan kita dengan gagah berani menghadang musuh yang memiliki persenjataan tempur terbaiknya, tutur Walikota menyampaikan sambutan Mensos.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, para santri, laskar pemuda dan para pejuang dari seluruh Nusantara, semua telah melebur menjadi Satu dengan satu tujuan “Merdeka atau Mati”. Secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjatakan lengkap dan tidak akan menyerah pada siapapun juga.

Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita dan anak cucu kita harus diperjuangkan sampai titik darah penghabisan, untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun melainkan berkat rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, jelas Santoso.

Di sela acara, Santoso menyerahkan tali asih kepada Janda perintis kemerdekaan RI secara simbolis, berupa uang tunai sebesar Rp 1.159.300,- dan souvenir berupa selimut, seprei dan handuk. Selain itu dalam rangka penanggulangan inflasi Tahun 2022 Santoso juga menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa paket sembako juga secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dari tiga kecamatan.

Lanjutnya, pada hari ini kita juga dalam perjuangan besar menghadapi semua tantangan yang nyata dihadapan kita, pemanasan global yang memicu bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh sungguh kesiapsiagaan kita dalam menghadapinya.

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma kiranya jadi semangat kita, di Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dan diharapkan terus dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat, janganlah kita mau untuk dipecah belah dan selalu ingat sloka “Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnyapungkasnya.(Adv/Dwi).

Post a Comment

0 Comments