Jelang pelaksanaan ibadah Natal, Polres Lumajang Sterilisasi Gereja-gereja

Lumajang-Merdekanews.id Jelang pelaksanaan Natal, Personil Polres Lumajang melakukan sterilisasi atau pengecekan gereja di Gereja Maria Ratu Damai Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, dan gereja GKJW Sukodono Lumajang, Minggu (25/12/2022).

Sterilisasi itu dilakukan di Gereja Maria Ratu Damai Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, dan gereja GKJW Sukodono Lumajang. Di gereja itu, satu anjing pelacak dari unit K9 dikerahkan untuk mendeteksi adanya barang berbahaya di gereja.

Tak ketinggalan, polisi juga membawa alat metal detector yang menyisir berbagai sudut ruangan maupun luar ruangan gereja.

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap setiap jemaat yang hendak memasuki gereja. Digerbang masuk. Barang bawaan mereka diperiksa secara saksama.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada jemaat yang merayakan Natal.

"Kegiatan sterilisasi ini sebagai langkah antisipasi kami dalam memberikan jaminan keamanan kepada jamaat atau umat Kristiani yang melaksanakan ibadah natal pada perayaan Natal 2022 kali ini," ujarnya.

Kapolres menambahkan, sebanyak 422 petugas gabungan diterjunkan untuk mengamankan malam perayaan Natal.

"Proses sterilisasi gereja dilakukan sejak beberapa hari sebelum perayaan Natal dimulai dengan menggunakan alat metal detector dan anjing pelacak," jelasnya.

Lebih lanjut, Dewa berharap para jemaat yang akan merayakan Natal di gereja untuk tidak membawa tas besar.

"Para jemaat harus membawa tas kecil saja, jangan tas besar. Kami himbau untuk mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya

Post a Comment

0 Comments