Kendalikan Inflasi, Pemkab Mojokerto Gelar Bimtek Admin Sinergi Smart Info Harga


MOJOKERTO.Merdekanews.id. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar bimbingan teknis untuk petugas admin sinergi smart info harga yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Mojokerto. Sedikitnya 20 petugas admin dikerahkan untuk memantau perkembangan harga dan ketersediaan barang di pasar Kabupaten Mojokerto.
Pada pelaksanaannya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati juga menyerahkan secara simbolis ponsel pintar kepada tiga admin sinergi smart untuk mendukung pekerjaannya.

Selain itu, pada bimtek kali ini juga turut mengundang narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mojokerto Arif, Wakil Pimpinan Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan Airina Faiza, serta juga ikut hadir di kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah dan Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo .

Pada pelaksanaan sinergi smart info harga, puluhan admin marketplace milik Disperindag Kabupaten Mojokerto itu akan dibekali ponsel cerdas untuk memantau pergerakan harga. Masing-masing admin ditugaskan di setiap pasar yang ada di Kabupaten Mojokerto

Ada 20 perwakilan pasar yang siap dipantau melalui ponsel pintar itu yakni Pasar Raya Mojosari, Pasar Niaga Mojosari, Pasar Dinoyo, Pasar Pugeran, Pasar Kedung maling, Pasar Kutorejo, Pasar Bagusan, Pasar Sumbertebu Bangsal, Pasar Canggu, Pasar Dlanggu, Pasar Gempolkerep, Pasar Sedati Ngoro, Pasar Pacet, Pasar Perning, Pasar Pohjejer, Pasar Kesiman, Pasar Kemlagi, Pasar Tangunan, Pasar Randegan, dan Pasar Pandan Arum.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya Pemkab Mojokerto menekan inflasi. Menurutnya inflasi ini sesuatu hal yang perlu diperhatikan dan diantisipasi. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya presiden Jokowi juga mengingatkan untuk melakukan pengendalian inflasi di masing-masing daerah.

"Kita semuanya siaga satu untuk masalah inflasi ini menjadi hal yang sangat luar biasa. Kalau kita merasakan pada saat tahun 2022 ada beberapa yang naik, bayangkan penduduk di Argentina dan Turki. Jadi memang saat ini presiden sangat memperhatikan terkait inflasi," ucap Ikfina di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), pada Kamis, (9/2) siang.

lanjut Ikfina, saya bersyukur dengan adanya aplikasi Sinergi Smart Info Harga ini, menurutnya hal itu bisa membantu dan mempermudah melakukan pengawasan dan memantau harga barang-barang yang ada di pasar.

"Karena setiap hari pergerakan harga sangat cepat sekali berubah. Kalau kita tidak pantau dan kemudian kita kendalikan bisa membahayakan stabilitas negara," pungkasnya.

Pada saat itu, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga meluncurkan aplikasi Sinergi Smart TV. (EVA)

Post a Comment

0 Comments