Wakil Bupati Gus Barraa Buka Peringatan Hari Pers Nasional Di Pendopo Kabupaten Mojokerto

Mojokerto Merdekanews.id – Bertempat di Pendopo milik Pemerintah Kabupaten Mojokerto Graha Majatama jalan Ahmad Yani No. 16 Kota Mojokerto. Wakil Bupati Mojokerto Dr.H.Muhammad AlBarraa, Lc.,M.Hum yang panggilan akrabnya Gus Barraa, membuka secara resmi perhelatan Peringatan Hari Pers Nasional ( HPN ) yang ke-38 Tahun 2023.
HPN itu diselenggarakan Perusahaan Pers Media Majapahit Pos yang didukung oleh beberapa Perusahaan Pers yang ada di Kabupaen Mojokerto, pada hari Sabtu 11 Februari 2023 dihadiri dan didukung oleh tidak kurang dari 200 (dua ratus) orang wartawan dan LSM yang berdomisili di Kabupaten/Kota Mojokerto.
HPN tersebut diatas dikemas dalam kegiatan Open Talk Wartawan dengan tema “ Membangun Pers Sehat Bertanggung Jawab”. Diisi dengan dialog mendatangkan tiga narasumber Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi, S.I.K., M.H. dengan tema Wartawan dan Kriminalitas, namun Kapolres berhalangan hadir sehingga diwakilkan kepada KBO Satreskrim Polres Mojokerto AKP Bayu, S.I.K., MM. Bertindak sebagai Moderator Wartawan Senior Mojokerto mas Ujeck dari media Jurnal Mojo. Nara sumber berikutnya Drs. Ardi Sepdianto, M.Si. Kadiskominfo dengan tema Peran Wartawan dalam Pembangunan di Mojokerto bertindak sebagai Moderator Yadi, SH wartawan senior  pimpinan redaksi media Radar Indonesia. Narasumber ketiga mas Sholakhudin ketua PWI Mojokerto dengan tema Problematika Wartawan Dulu, Kini dan Esok, bertindak sebagai Moderator Nyoto Wibowo pimpinan media terkemuka Sekilas Media.
Sekitar jam 11.00 Wib Gus Barraa Wakil Bupati Mojokerto datang di tempat acara HPN tersebut, sejenak kemudian MC mbak Tri Eka menyampaikan Lagu Indonesia Raya hadirin dimohon berdiri dan bergemalah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipimpin dirigen mbak Kayla dari media Pena Rakyat Nusantara. Dilanjut dengan lagu Mars PWI gubahan Nortier Simanungkalit yang liriknya sebagai berikut :
Dalam arus gelombang informasi
P.W.I. jaga mutu profesi
Berazaskan dasar negara kita
Takwa kepada Tuhan Esa
Persatuan jelas, kesatuan Bernas
Demi Bangsa demi negara
Kebebasan jelas, berpendapat tegas
Tanggung jawab di pundak kita
Indahnya kesetiakawanan sesama
Damai dan sejahtera
Bekerjasama dengan pendukung kita
Searah
Jalin rasa hikmah persaudaraan
Antar Bangsa sahabat kita
Dalam masa kemajuan dunia
Kita juga membangun bangsa.
Sebagai pertanda dimulainya gelar Peringatan HPN ke-38 Tahun 2023 di Pendopo Grahamajatama tersebut.
“ Dengan Bismillahirrahmanirrahim Open Talk Wartawan, Membangun Pers Sehat Bertanggung Jawab dalam rangka Memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2023 Kabupaten Mojokerto Saya nyatakan dibuka “, ucap Gus Barraa membuka acara disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.
Dalam pidatonya Wakil Bupati itu mengatakan : “ Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional, semoga Pers Nasional Indonesia, khususnya di Kabupaten Mojokerto ini bisa menjadi media yang memberikan informasi yang akurat, positif serta mempunyai muatan atau isi berita yang bisa mengedukasi masyarakat. “
Dalam sambutannya Gus Barraa juga meminta kepada watawan Mojokerto agar memperhatikan fungsi wartawan sebagai penyaji berita yaitu media informasi, Pendidikan/edukasi, hiburan dan ekonomi. Media dalam beritanya harus memberikan edukasi. Bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan banyak yang, yang terus, jangan banyak dan, dan terus dan jangan banyak sebab, sebab terus.
Gus Barraa juga meminta wartawan dalam memuat berita hendaknya menampilkan fungsi media sebagai sarana peningkatan ekonomi. Mencontohkan bagaimana pasar Keramat begitu banyak pengunjungnya sampai 3000 orang pengunjung, jauh dari dalu yang hanya minim pengunjung, oleh karena media pandai memberikan informasi keunggulan ataupun kelebihan menarik dari pasar Keramat itu.
Masih pinta Gus Barraa bahwa mensitir pidato Presiden Jokowi bahwa Pers saat ini kondisinya tidak baik-baik saja, Isu pers telah bergeser dari Kebebasan berbicara menyampaikan pendapat, telah bergeser kepada isu berita hoax, berita berpihak tidak obyektif, terkooptasi kepentingan persaingan bisnis, politik, kekuasaan dan kelompok.
Machradji Machfud ketua Panitia HPN Tahun 2023 Kabupaten Mojokerto dalam sambutannya mengatakan : “ Bahwa tujuan peringatan HPN ini, adalah memanfaatkan momentum agar Wartawan Mojokerto dalam bekerja semakin baik dan professional.”
Machradji juga menyampaikan harapan agar wartawan dalam bekerja senantiasa memperhatikan fungsi pers yaitu media pendidikan, informasi, hiburan dan ekonomi. Wartawan harus terus belajar termasuk bagaimana menulis sesuai dengan Tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta etika jurnalistik. Menulis harus benar, permulaan kalimat huruf besar, juga nama dimulai huruf besar. Ejaan harus benar misalnya yang benar Gajah jangan ditulis Gaja, sepedah salah yang benar sepeda, Budi membawa buku. Ini penulisan yang benar. Tapi kalau Budi membawah buku. Ini penulisan yang salah.
Dialog dimajukan acaranya, sambil menunggu Wakil Bupati Gus Barra yang telah menginformasikan kepada panitia datang terlambat oleh karena terlebih dulu mengunjungi para korbaan banjir di Mojosari sambil memberikan bantuan beberapa sak beras dan indomie.
Yang juga menarik, bahwa dalam acara HPN itu para peserta diberikan souvenir dari panitia berupa tas juga souvenir bantuan dari PT. Sponusa Tissu berupa payung dan topi. Dipanggil satu persatu hadirin maju ke depan menerima souvenir tersebut.
Menarik pula bahwa disela-sela dalam sesi dialog atau open talk itu, panitia menyediakan hadiah Rp. 100.000,- kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari nara sumber maupun moderator. Sembilan orang mendapat hadiah Rp. 100.000,- diantaranya Jaya dari majalah global, Ujeck dari Jurnal Mojo, Nyoto Wibowo dari sekilasmedia dan yang lainnya.
Itulah barang kali yang membuat hadirin betah dan bertahan mengikuti acara yang berakhir sekitar pukul 14.00 Wib tak terasa menikmati kemeriahan dan merasakan kebahagiaan acara tersebut.(Anik)

Post a Comment

0 Comments