PENGGANTIAN SPECIMEN GIRO PT DI BANK BNI BATURAJA DIDUGA TIDAK MEMENUHI PROSEDUR, DAN TIDAK TRANSPARAN SEHINGGA MERUGIKAN SEBELAH PIHAK ."



Media Merdeka News'Id Oku, Baturaja 7/3/2023. Pada hari selasa pihak korban yang di rugikan mendatangi kantor Bank BNI Cabang Baturaja,Dalam menerapkan prosedur pergantian specimen giro perusahaan. sebagai alat transaksi pada PT.di Bank BNI Kantor Cabang Baturaja di duga tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam pengajuan pergantian specimen harus melalui prosedur yaitu dengan mendatangi bank, menyerahkan persyaratan, mengisi data baru, petugas bank memeriksa persyaratan dan keasliannya serta mengubah data pada sistem, rekening giro dapat digunakan dengan 
pengisian data yang biasa di sebut dengan specimen.

Setiap terjadi perubahan data nasabah yang memiliki rekening giro harus mengajukan pergantian specimen kepada pihak bank. Tujuan pengajuan pergantian specimen giro ini berguna untuk menimalisir kesalahgunaan cek oleh pihak tidak bertanggung jawab.
mengisi data baru, petugas bank memeriksa persyaratan dan keasliannya serta mengubah data pada sistem, rekening giro dapat digunakan dalam jangka waktu ±24 jam.

Perubahan apapun, baik pengangkatan maupun pemberhentian Direksi dan Dewan Komisaris harus  dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham. Ketentuan tentang RUPS di sini diatur dalam Pasal 86 UUPT.

maka prosedur dilanjutkan dengan pemberitahuan kepada Menteri Hukum dan HAM seperti yang telah dijelaskan pada Pasal 86 UUPT.

Keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulat an rakyat yang pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan good governance. Pengelolaan informasi publik yang baik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

 
 Perubahan pejabat penandatanganan bank perusahaan.
Credit Pixabay/edarSetiap perusahaan memiliki rekening bank yang tercantum atas nama perusahaan atau usaha disertai pejabat penandatanganannya atau pemiliknya atau yang dikuasakan.

Beberapa perusahaan menggunakan rekening bank giro sebagai rekening perusahaan dalam mengelola keuangan usahanya, khususnya dalam transaksi penarikan.


Surat Perubahan Pejabat Penandatanganan Bank Perusahaan

Rekening bank giro secara umum ditandai dengan buku cheque sebagai alat untuk transaksi penarikan dana perusahaan di bank tertentu.

Pemimpin perusahaan atau yang diberi kuasa keuangan, sebagai pejabat penanda tangan rekening bank giro akan diminta untuk memberikan contoh specimen tanda tangannya yang dalam hal ini untuk transaksi penarikan dana melalui buku cheque.

Setiap lembar cheque yang digunakan untuk transaksi penarikan dana dari dalam rekening perusahaan wajib untuk dibubuhi tanda tangan pejabat penandatanganan sesuai saat pembuatan rekening bank giro.

Adanya perbedaan atau kesalahan dalam penulisan keterangan jumlah, angka, nama atau tanggal, wajib untuk memberikan tanda tangan pejabatnya di atas coretan kesalahan tersebut dengan ukuran yang kecil sebagai penanda bahwa kesalahan tersebut sudah diketahui oleh pimpinan.

Pada beberapa perusahaan negara yang memiliki kantor perwakilan di setiap daerahnya, pimpinan cabang akan memiliki masa jabatan tertentu sesuai aturan perusahaan masing-masing.

Setiap pergantian pimpinan cabang ini tentunya akan berpengaruh pada urusan administrasi pengelola keuangan di daerahnya, yakni penggantian specimen tanda tangan rekening bank pada cabang tersebut,

Ada berbagai syarat-syarat yang diperlukan dalam mengganti specimen tanda tangan di rekening bank tersebut tergantung aturan atau kebijakan di setiap bank.

Bagi perusahaan yang kantor pusatnya menggunakan bank tertentu sebagai induk atau pusat pengelola keuangannya, maka rekening di kantor cabang akan menggunakan bank yang sama.

Untuk kondisi seperti ini, syarat mengganti specimen tanda tangan pejabatnya yakni menyiapkan surat permohonan perubahan pejabat penandatangan serta datang ke bank tersebut untuk membubuhi tanda tangan pejabat lama dan pejabat baru, atau dengan surat kuasa bagi yang pengurusannya diurus oleh bagian keuangan, Ungkapnya ." 
Red , (Jhony/tim ) Media Merdeka News'Id Oku.

Post a Comment

0 Comments