SMAN 2 Kota Probolinggo, Wujudkan Kemanpuan TIK Siswa Dengan Mengikutsertakan Dalam Program Prodistik



Probolinggo, Merdekanews.id
Program Terapan dalam Bidang Teknologi dan Komunikasi (Prodistik) yang merupakan satu terobosan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan tujuan memberi kontribusi bagi masyarakat utamanya siswa melalui program pelatihan keterampilan yang ditujukan untuk siswa kelas X hingga XII untuk MA/SMA dalam bidang TIK. Tak tanggung tanggung, ITS Surabaya memberikan pelatihan untuk 34 sekolah menengah yang terdiri dari 28 Madrasah Aliyah (MA) dan 6 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jawa Timur (Jatim). 
Dalam membangun kerjasama dengan ITS setiap tahun diawali dengan penandatanganan MoU dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran dengan mengirimkan dosen dan pelatih ahli dibidang TIK. Untuk membangun sinergitas antara orang tua peserta didik, ITS juga memberikan kuliah umum untuk memberi pandangan dasar cara mengetahui bakat TIK kepada orang tua siswa. Untuk menjaga kualitas lulusan Prodistik ITS setiap akhir pembalajaran wajib semua peserta mengikuti ujian akhir (TA) dengan membuat makalah dan hasil produk.
Berkaitan dengan hal tersebut, SMAN 2 kota Probolinggo menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mengikuti Program Terapan Bidang TIK tersebut. Menurut Kepala Sekolah SMAN 2 Probolinggo Drs Erni Prasetyawati M.Pd Tujuan kerjasama dalam bidang TIK dengan ITS Surabaya ini memberi keterampilan lebih dalam bidang Teknologi dan Komunikasi (TIK), memperluas wawasan peserta didik tentang pentingnya ilmu TIK di era Teknologi. Mampu menguasai teknologi secara Hardskill dan Softskill, menciptakan generasi yang berilmu dan bijak dalam memanfaatkan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk siap terjun didunia kerja.Ujarnya. 

Adapun bidang studi Prodistik yang dapat diambil di SMAN 2 Kota Probolinggo meliputi jurusan Desain Grafis. Sedangkan mata kuliah yang dipelajari adalah Adobe Photoshop, Corel Draw dn Adobe Ilustrator. Selanjutnya jurusan Multimedia dengan mata kuliah yang diajarkan meliputi Adobe Premier, Adobe Flash. Dan yang terakhir jurusan Programming dengan mata kuliah yang dipelajari adalah Android Programming.

Tahapan lanjutan dari program ini ditingkat akhir yakni kelas XII, siswa Prodistik SMAN 2 Kota Probolinggo mengerjakan tugas akhir sesuai bidang nya  guna memperoleh sertifikat dari ITS Surabaya selaku penyelenggara dari program tersebut.

Lebih lanjut, Erni Prasetyawati menambahkan Harapan saya selaku Kepala Sekolah dengan program Prodistik ini akan memberi bekal sebanyak-banyaknya, agar lulusan itu mendapat peluang besar di dunia usaha dan dunia industri. Sedangkan untuk yang melanjutkan, harapan dari sekolah agar program Prodistik TIK ini bisa dijadikan bekal  untuk memperlancar kuliahnya, mengingat dalam perkuliahan terdapat tugas-tugas akhir dan hal ini sangat mendukung sekali karena mereka sejak awal sudah paham dengan TIK dan segala macam program yang dikembangkan seperti desain grafis, multimedia dan programer, bahkan tahun ini telah ditambahkan dengan program robotik.pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments