Siswa SMAN 4 Kota Probolinggo Banyak Memperoleh Manfaat Dari Penguasaan TIK Melalui Program Prodistik


Probolinggo, Merdekanews.id
Terobosan guna menambah pengetahuan melalui Program Terapan dalam Bidang Teknologi dan Komunikasi (Prodistik) yang diprakarsai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mencakup beberapa lembaga pendidikan tingkat atas, ternyata banyak mendapatkan apresiasi dari guru utamanya siswa yang mengikuti program tersebut.
Melalui program pelatihan keterampilan yang ditujukan untuk siswa kelas X hingga XII untuk MA/SMA dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Tak tanggung tanggung, ITS Surabaya memberikan pelatihan untuk 34 sekolah menengah yang terdiri dari 28 Madrasah Aliyah (MA) dan 6 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jawa Timur (Jatim). 
Diketahui ITS setiap tahunnya diawali dengan penandatanganan MoU dengan lembaga pendidikan dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran dengan mengirimkan dosen dan pelatih ahli dibidang TIK. Untuk membangun sinergitas antara orang tua peserta didik, ITS juga memberikan kuliah umum untuk memberi pandangan dasar cara mengetahui bakat TIK kepada orang tua siswa. Untuk menjaga kualitas lulusan Prodistik ITS setiap akhir pembalajaran wajib semua peserta mengikuti ujian akhir (TA) dengan membuat makalah dan hasil produk.
Tak terkecuali SMAN 4 kota Probolinggo yang menjadi salah satu lembaga pendidikan dengan mengikuti Program Terapan Bidang TIK tersebut. Menurut Plt Kepala Sekolah SMAN 4 Kota  Probolinggo Dra Erni Prasetyawati M.Pd Tujuan kerjasama dalam bidang TIK dengan ITS Surabaya ini sebagai upaya memberi wawasan dan keterampilan lebih dalam bidang TIK uatamanya terhadap pentingnya ilmu TIK di era Teknologi. Mampu menguasai teknologi secara Hardskill dan Softskill, menciptakan generasi yang berilmu dan bijak dalam memanfaatkan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk siap terjun didunia kerja.Ujar perempuan yang juga sebagai KS SMAN 2 kota Probolinggo ini. 

Bidang studi Prodistik yang dapat diambil di SMAN 4 kota Probolinggo meliputi jurusan Desain Grafis. Sedangkan mata kuliah yang dipelajari adalah Adobe Photoshop, Corel Draw dan Adobe Ilustrator. Selanjutnya jurusan Multimedia dengan mata kuliah yang diajarkan meliputi Adobe Premier, Adobe Flash. Dan yang terakhir jurusan Programming dengan mata kuliah yang dipelajari adalah Android Programming.

Program ini diakhiri dengan tahapan lanjutan ditingkat akhir yakni kelas XII, siswa Prodistik SMAN 4 Kota Probolinggo mengerjakan tugas akhir sesuai bidang minat yang diampu guna memperoleh sertifikat dari ITS Surabaya selaku penyelenggara dari program tersebut. 
Lebih lanjut, Erni Prasetyawati menambahkan Harapan saya selaku Kepala Sekolah dengan program Prodistik ini akan memberi bekal sebanyak-banyaknya, agar lulusan itu mendapat peluang besar didunia usaha dan dunia industri. Sedangkan untuk yang melanjutkan, harapan dari sekolah agar program Prodistik TIK ini bisa dijadikan bekal  untuk memperlancar kuliahnya, mengingat dalam perkuliahan terdapat tugas-tugas akhir dan hal ini sangat mendukung sekali karena mereka telah sejak awal sudah paham dengan TIK dan segala macam program yang dikembangkan seperti desain grafis, multimedia dan programer, bahkan tahun ini telah ditambahkan dengan program robotik.tambahnya.
Terhadap program Prodistik ini, terbukti telah menghasilkan tingkat kemampuan siswa sejalan dengan keilmuan yang dimiliki terutama mereka yang memiliki semangat untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini diperlihatkan oleh beberapa siswa SMKN 4 Probolinggo melalui testimoni yang menceriterakan usaha dan upaya mereka sehingga mampu menembus sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Ini merupakan hasil serapan ilmu yang diperoleh dari program Prodistik yang diselenggarakan ITS Surabaya seperti yang disampaikan oleh Aura Lyla Flara yang diterima di Unair, Indriana Susandi di UI serta Intan Putri yang masuk di ITS. (Suh)

Post a Comment

0 Comments