SMKN 3 Kota Probolinggo Kembangkan Potensi Siswa Menjadi Tenaga Profesional Didunia Kerja Melalui Program PKL Bersama Industri



Probolinggo,Merdekanews.id
Mengasah kemampuan anak didik dalam berbagai hal termasuk didalamnya membentuk karakter siswa dalam menghadapi era globalisasi bidang tenaga kerja. Hal ini disikapi SMKN 3 Kota Probolinggo yang berupaya menggali potensi pada anak didiknya agar lebih mampu menjalankan kemampuannya dilapangan.
Melalui program PKL (Praktek Kerja Lapangan) bersama industri dalam rangka mengenalkan budaya kerja, melalui program PKL yang bertujuan menyiapkan siswa terjun kedunia kerja melalui kurikulum Merdeka yang dijalani para siswa selama 6 bulan di kelas XII.
Menurut Atim Sucianah M.Pd saat ditemui diruang kerjanya mengatakan program PKL ini menjadi bagian dari upaya pihak sekolah dalam rangka mencetak para lulusan lebih profesional dalam menghadapi dunia kerja. "Lulusan berkualitas menjadi salah satu prioritas utama kami. Jadi melalui program ini, diharapkan para siswa akan lebih mampu menghadapi tantangan didunia kerja melalui keilmuan yang dimiliki."ujarnya.

Lebih jauh, Atim Sucianah menambahkan bahwa pihak sekolah akan terus intens mengarahkan siswa dalam mengembangkan potensi dan wawasan utamanya menjadi tenaga yang professional didunia kerja. "Melalui program yang kami buat, diharapkan peserta didik mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama belajar di SMK, sehingga memiliki daya saing didunia kerja. Selain itu menumbuh kembangkan nilai nilai yang diterapkan dalam hal kedisiplinan dalam bekerja terlebih menanamkan jiwa kewirausahaan."tambahnya.
Perlu diketahui PKL adalah aktivitas pelatihan dan pendidikan dengan terlibat secara langsung di dunia industri atau usaha secara terarah dan sistematis. Sehingga kegiatan PKL dapat memberikan pengalaman kerja bagi setiap siswa-siswi SMK sesuai jurusan SMK masing-masing. Sedangkan Industry tempat PKL yang ada saat ini berada di Surabaya, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. 
Diharapkan dengan adanya wadah ini, akan dapat menambah pengetahuan bagi lulusan sekolah kejuruan dalam mengimplementasikan keilmuannya saat berada diluar lingkup pendidikan atau saat berada dilapangan. (Suh).

Post a Comment

0 Comments