Gelar Sispamkota, Polres Lumajang Siap Amankan Pemilu 2024.


Lumajang, Merdekanews.id Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Serentak tahun 2024, Polres Lumajang menggelar simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota) bertempat di Lapangan GOR Lumajang. Sabtu (14/10/2023)

Simulasi Sispam Kota digelar untuk melatih personel Polri dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi selama masa Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut dipimpin Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Jauhar Ma'arif, dan dihadiri PJU Polres Lumajang, Kapolsek Jajaran serta anggota Polres Lumajang.

Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Jauhar Ma'arif mengatakan bahwa tujuan utama simulasi ini adalah untuk mengasah kewaspadaan dan respon personel bilamana ada ketidakpuasan atau protes oleh salah satu kelompok di suatu TPS atas hasil perhitungan suara sehingga mendatangi KPU Lumajang.

"Di Situasi itulah respon dari seluruh personel pelatihan sispam kota ini dilatih agar bisa menanggapi situasi yang mungkin akan terjadi, jadi setiap personel punya peran masing-masing," ucapnya.

Kompol Jauhar Ma'arif menambahkan mengadakan simulasi pengamanan jelang pemilu, untuk kesiapan pengamanan mulai dari demo yang damai hingga demo anarkis.

"Jajaran Polres Lumajang melaksanakan simulasi baik dari kegiatan yang masih aman sampai kegiatan yang paling rawan yaitu anarkis, di situ kita lakukan latihan-latihan, tahapan-tahapan yang akan dilakukan jajaran," ucapnya

Lebih lanjut, dengan pelatihan huru hara tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para personil Polri dalam menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan paska Pemilu maupun pada saat pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024.

Dalam latihan Sispam Kota menggambarkan Tahapan Persiapan Pemilu dan Pengamanan/ Pengawalan Surat Suara, kemudian tahapan Pengamanan Kegiatan Kampanye Pemilu Tahun 2024.

"Simulasi Pengamanan Tahapan Kampanye, Pengamanan Masa Pemungutan Suara serta Pengamanan Penetapan Hasil pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024, berjalan sesuai rencana", pungkasnya

Post a Comment

0 Comments